Jembatan Kaliwiso Jepara Dibongkar, Pengendara Siap-Siap Jalan Memutar

Proses pembongkaran Jembatan Kaliwiso di Kabupaten Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jembatan Kaliwiso di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dibongkar. Jembatan itu dibongkar dan akan diperbaiki lagi dengan anggaran Rp 11 miliar.

Pantauan Murianews, sejak sehari kemarin, akses ke Jembatan Kaliwiso ditutup. Alat berat mulai menghancurkan pagar jembatan.

Rencananya, mulai Rabu (22/6/2022) hari ini, jembatan yang berada di dekat Alun-Alun Jepara itu akan dirobohkan.

Hadi Suprayitno, selaku PPK 3.1 Provinsi Jawa Tengah mengatakan, pembongkaran jembatan dimulai hari ini. Untuk itu, jembatan yang merupakan bagian jalur jalan nasional itu ditutup.

”Per hari ini 22 juni 2022 sudah berjalan (pembongkaran, red),” kata Hadi.

Baca: Unik, Desa Kawak Jepara Usir Wabah PMK dengan Sepak Bola Api

Sekilas, Jembatan Kaliwiso memang masih tampak kokoh. Sejauh ini pun belum ada kendala meskipun dilewati kendaraan sudah lama.

Namun, dari hasil evaluasi Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Provinsi Jawa Tengah, struktur jembatan eksisting sudah memerlukan perbaikan. Untuk itu, mesti dilakukan penggantian jembatan dengan kontruksi baru.

Hadi menyebut, proyek pembongkaran dan pembangunan Jenmbatan Kaliwiso dianggar sebesar Rp 11 miliar. Biaya itu diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.

”Sumbernya dari APBN tahun anggaran 2022. Nilainya sekitar Rp 11 miliar,” kata Hadi.

Hadi menyampaikan, pembangunan jembatan Kaliwiso direncanakan akan berakhir sampai 31 Desember 2022 mendatang. Untuk itu, jalan yang melintasi jembatan Kaliwiso sementara ditutup.

”Arus lalu lintas yang melewati Jalan Ahmad Yani dialihkan ke jalur-jalur lain,” pungkas Hadi.

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

berita jeparajembatan kaliwisojepara
Comments (0)
Add Comment