Kementan Datangi Kudus, Cari Data soal PMK dan Vaksinasi

Ilustrasi: Petugas Dispertan Kudus tengah menyemprot cairan disinfektan khusus ternak di Pasar Mejobo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus — Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah telah bertemu Kementerian Pertanian (Kementan). Pertemuan itu membahas soal kebutuhan vaksin bagi ternak yang terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus, Agus Setiawan mengatakan, pihaknya sudah bertemu langsung perwakilan lima orang dari Kementan di Kabupaten Kudus pada Kamis (16/6/2022) lalu.

Pihaknya dimintai beberapa data terkait hewan ternak di Kudus. ”Perwakilan kementerian sudah ke Kudus untuk melakukan validasi data hewan ternak yang suspek. Untuk teknisnya kami masih diskusi,” katanya, Senin (20/6/2022).

Baca: Ini Hewan yang Jadi Prioritas Vaksinasi PMK

Menurut Agus, selain melakukan validasi data, pihak Kementerian Pertanian juga berkoordinasi terkait data populasi dan tingkat kesembuhan hewan ternak di Kudus. Nantinya, untuk proses vaksinasi akan dibantu oleh Balai Besar Veteriner Maros, Sulawesi Selatan.

”Karena kami tenaga dokternya terbatas juga. Oleh karena itu akan dibantu Balai Besar Veteriner Maros untuk proses vaksinasinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus menyebut hingga saat ini pihaknya belum mengetahui perihal jumlah alokasi vaksin PMK. Pihaknya masih menunggu kabar dari Kementerian Pertanian.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Berita Kuduskuduspenyakit mulut dan kukuPMK