Jika ini Terjadi, Timnas Indonesia Bisa Terjerembab di Grup Neraka Piala Asia 2023

Timnas Indonesia saat membantai Nepal dengan skor telak 7-0.(Dok. PSSI)

MURIANEWS, Jakarta – Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai membantai Nepal 7-0 dini hari tadi. Meski begitu, perjalanan anak asuhan Sin Tae Young bakal menemui tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Sebab, bisa saja Tim Garuda terjerembab ke grup neraka dalam laga Piala Asia 2023 itu. Lawan-lawan berat seperti Uzbekistan, China, hingga Jepang bisa saja satu grup dengan Indonesia.

Konfederasi Sepak Bola Asia atau Asian Football Confederation (AFC) sendiri belum menentukan drawing Piala Asia 2023. Namun, berkaca dari Piala Asia 2019, pembagian pot babak penyisihan menggunakan rangking shoppingmode FIFA dan pencapaian di babak kualifikasi.

Baca: Timnas Indonesia Kalah Tipis dari Jordania, Wasit Oman Dapat Sorotan

Melansir bola.com, sudah ada 12 tim, termasuk tuan rumah yang lolos ke putaran final sejak putaran kedua babak penyisihan. Mereka berhak menempati pot pertama dan kedua.

Sementara, 12 tim lainnya yang berhasil mengunci tiket lewat putaran ketiga babak penyisihan, harus masuk ke pot ketiga dan keempat. Timnas Indonesia sendiri nantinya akan masuk di pot keempat.

Pembagian Pot Sementara

Jika konsep pembagian pot tak ada perubahan, maka kurang lebih pembagiannya seperti ini sebelum diundi untuk babak penyisihan.

Pot 1: Iran (21), Jepang (23), Korea Selatan (29), Australia (42), Arab Saudi (49), dan Qatar (51)

Pot 2: Uni Emirat Arab (68), Irak (72), Oman (75), China (77), Suriah (88), dan Vietnam (96)

Pot 3: Uzbekistan (83), Bahrain (89), Yordania (91), Kirgistan (95), Lebanon (97), dan Palestina (100)

Pot 4: India (106), Thailand (111), Tajikistan (114), Hong Kong (147), Malaysia (154), dan Indonesia (159)

Pembagian pot Piala Asia 2023 itu berdasarkan situasi saat ini dan peringkat FIFA per 31 Maret 2022.

Berada di pot empat, Indonesia tentu berpeluang bertemu dengan tim-tim di pot pertama, kedua, dan ketiga dalam drawing Piala Asia 2023.

Paling berat, jika Indonesia dapat grup yang ditempati tim berperingkat shoppingmode FIFA tertinggi dari pot 1-3. Jika kemungkinan itu terjadi, Indonesia bisa bergabung di grup neraka dengan Iran, Uni Emirat Arab dan Uzbekistan.

Tak hanya itu, Indonesia juga bisa terancam bertemu Jepang, Korea Selatan atau Australia yang punya pengalaman di tingkat Piala Dunia. Tim-tim itu bercokol di pot pertama.

Kemungkinan Terbaik

Timnas Indonesia bisa sedikit lega bila dalam drawing nanti, Indonesia berada satu grup dengan tim berperingkat terendah di pot 1-3, seperti Qatar, Vietnam, dan Palestina.

Kemungkinan terakhir itu menjadi drawing paling ideal untu Timnas Indonesia di babak penyisihan Piala Asia 2023. Namun, kemungkinan itu masih bisa berubah.

Sebab, kabarnya AFC baru melakukan pembagian grup putaran final pada tahun depan. Artinya, peringkat peserta Piala Asia 2023 dalam rangking shoppingmode FIFA masih dinamis alias bisa berubah. Selain itu, tuan rumah yang terpilih juga akan masuk ke pot 1.

Atau mungkin Indonesia berencana mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Itu mengingat China mengundurkan diri sebagai tuan rumah dan hanya tim yang lolos yang berhak mengajukan jadi tuan rumah pengganti.

Piala Asia 2023 sendiri rencananya digelar 16 Juni-16 Juli 2022. AFC masih mencari tuan rumah baru buntut mundurnya China akibat badai Covid-19 berkepanjangan.

Hanya tim yang lolos ke Piala Asia 2023 yang berhak mengajukan sebagai penyelenggara. AFC masih menunggu pengajuan dari peserta hingga 30 Juni 2022.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Bola.com

Grup NerakaIndonesia di Piala AsiaPiala Asia 2023timnas indonesia