Kualifikasi Piala Asia 2023

Tepisan Nadeo Argawinata, Bisa Saja Akan Membantu Timnas Indonesia

Nadeo Argawinata saat membloking tendangan pinalti pemain Jordania. (tangkapan layar)

MURIANEWS, Kuwait City – Timnas Indonesia memang menelan kekalahan 0-1 dari Jordania di pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023, Minggu (12/6/2022). Secara keseluruhan semua pemain menampilkan permainan hebat. Terutama kiper Nadeo Argawinata.

Penampilan Nadeo bisa dikatakan menjadi salah satu ’kekuatan’ bagi pertahanan Timnas Indonesia saat menghadapi Jordania. Sampai babak pertama usai, beberapa penyelamatan gemilan Nadeo berhasil menghindarkan Timnas Indonesia dari kebobolan gol.

Meski akhirnya terjadi sebuah kelengahan di sektor pertahanan di awal babak kedua dan membuat Indonesia kebobolan, peranan Nadeo tetaplah luar biasa. Pada menit ke-73, Nadeo menunjukan kehebatannya, setelah mampu memblok tendangan pinalti pemain Jordania.

Keberhasilannya memblok tendangan pinalti setidaknya menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan yang lebih besar. Hal ini bisa saja akan berguna untuk menghadapi penentuan di akhir turnamen, jika membutuhkan selisih gol bagus sebagai penentunya.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Kalah Tipis dari Jordania, Wasit Oman Dapat Sorotan

Melihat persaingan yang terjadi menyusul pertandingan kedua dari masing-masing tim di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, tidak menutup kemungkinan, hitung-hitungan selisih gol akan menentukan.

Pada pertandingan terakhir Tim Kuwait mutlak harus bisa mengalahkan Timnas Jordania jika ingin bisa pergi ke China pada 2023 nanti. Sedangkan Jordania juga butuh kemenangan untuk bisa mengamankan posisi mereka sebagai juara Grup A.

Sedangkan Indonesia di pertandingan terakhir melawan Nepal juga butuh kemenangan. Satu keuntungan bagi Timnas Indonesia, adalah saat mereka bertemu tim terlemah Nepal di pertandingan terakhir.

Nepal, setelah kalah 1-4 dari Kuwait secara klinis sudah tersisih dari turnamen ini. Bisa saja mereka tidak akan memiliki mental bertanding terbaik saat berhadapan dengan Timnas Indonesia. Namun di atas lapangan semuanya tetap tidak mudah bagi Timnas Indonesia saat berhadapan dengan mereka.

Timnas Indonesia harus bisa menang dari Nepal, sambil lebih berharap agar Jordania bisa menang atas Kuwait. Dengan demikian, Timnas Indonesia masih memiliki kesempatan untuk bisa lolos dari jalur runner-up terbaik.

Namun jika Kuwait yang menang, maka Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan dengan skor meyakinkan dari Nepal, agar bisa mendapatkan tiket dari jalur runner-up terbaik. Jika Kuwait menang dari Jordania dan Timnas Indonesia menang dari Nepal, maka tiga tim akan sama-sama memiliki poin 6, dan itu berarti hitung-hitungan gol akan menentukan.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Dari Berbagai Sumber

Kualifikasi Piala Asia 2023Nadeotimnas indonesia