Elkan Baggott Sebut Lebih Pilih Indonesia Ketimbang Inggris atau Thailand

Elkan Baggott saat menjalani latihan Timnas Indonesia di Kuwait. (facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Kuwait City – Salah satu pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott adalah seorang warga keturunan Inggris. Meski demikian, sebelum dirinya resmi mendapatkan kewarganegaraan WNI, dirinya sudah merasa sangat cinta pada Indonesia.

Setelah menjadi bagian dari Timnas Indonesia, bek muda ini mengaku semakin mencintai Indonesia. Dalam sebuah wawancara, Elkan menyatakan perasaannya tentang Indonesia, baru-baru ini.

Karena kecintaanya terhadap Indonesia, dirinya bahkan menyatakan tidak pernahi berpikir untuk bermain untuk Timnas Inggris yang merupakan negara keduanya. Pemain ini memiliki darah Inggris melalui diri ayahnya yang merupakan warga Inggris.

Elkan Baggott juga memiliki kemungkinan untuk bisa membela Timnas Thailand, karena dirinya lahir di Thailand. Hal itu terjadi ketika dirinya lahir, ayahnya berdinas di Thailand, dan harus tinggal disana bersama ibunya.

BACA JUGA: Hadapi Jordania, Pelatih Nepal Jagokan Timnas Indonesia Menang

Sedangkan darah Indonesia didapatkan Elkan Baggot dari ibunya, yang merupakan warga asli Indonesia. Bahkan dalam satu waktu, selama 9 tahun sejak 2011 dirinya pernah tinggal di Indonesia.

Setelah itu, dirinya memilih pindah ke Inggris untuk melanjutkan karier sepakbolanya. Dengan situasi ini, Elkan Baggott sebenarnya memiliki tiga pilihan kewarganegaraan. Namun demikian akhirnya dirinya lebih memilih Indonesia.

“Sejujurnya saya tidak pernah terpikir membela Inggris atau Thailand,” ucapnya saat diwawancarai BBC Indonesia, Sabtu (11/6/2022).

Karena sempat tinggal cukup lama di Indonesia, akhirnya dirinya memiliki kecintaan lebih besar pada Indonesia sejak masih kecil. Sehingga saat dirinya menghadapi pilihan untuk siapa dirinya harus bermain di timnas, dirinya langsung menyebut Indonesia.

“Justru saya ingin membela Timnas Indonesia. Alasan utama saya karena keluarga dan saya (saat kecil) tinggal beberapa tahun di Indonesia. Jadi, saya langsung tahu, ketika berada di titik untuk memutuskan hal itu,” tambahnya.

Karir sepak bola Elkan Baggott bisa dikatakan paling moncer dibandingkan pemain Timnas Indonesia lainnya. Pemain ini menjadi bagian penting Tim Ipswich Town U-23, pada usia yang masih 19 tahun.

Karirnya memiliki peluang besar untuk bisa terus berkembang di Inggris. Membela Timnas Indonesia senior, akan memberi Elkan Baggott sebuah pengalaman luar biasa dalam mengembangkan karirnya.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Elkan BaggittKualifikasi Piala Asia 2023timnas indonesia