Mendag Klaim Distribusi Minyak Goreng Sudah Sampai ke 10.000 Pengecer

muhammad Luthfi (dok. Kemendag)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengkalim bahwa hingga saat ini distribusi minyak goreng curah sudah ke 10.000 pengecer di pasar. Jumlah tersebut tersebar di pasar seluruh Indonesia.

Kemudian, Lutfi berencana akan menaikkan target distribusi dari yang semula 10.000 pengecer, ditingkatkan menjadi 30.000 pengecer. Tentunya sembari melita perkembangan dan situasi minyak goreng curah di lapangan.

“Dalam dua minggu, program minyak goreng curah rakyat akan menjangkau 10.000 pengecer yang termasuk dalam 10.000 titik yang telah ditetapkan. Kemendag berencana untuk menaikkan targetnya menjadi 30 ribu pengecer di 10 ribu titik penjualan di pasar,” kata Lutfi, dikutip dari detik.com, Rabu (8/6/2022).

Baca: Upaya Jalan tengah Luhut Selesaikan Masalah Minyak Goreng

Lutfi juga mengatakan, semua segmentasi distribusi minyak goreng curah rakyat ini dijalankan melalui aplikasi digital sehingga proses distribusi dapat dipantau secara real-time.

Distribusi minyak goreng curah juga dikoordinasikan dengan Satuan Tugas Pangan Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, dan Tentara Nasional Indonesia.

“Sifat real-time ini juga memungkinkan pemerintah mengetahui jika ada hambatan atau ketersendatan distribusi,” kata Lutfi.

Baca: Luhut Pastikan Harga Minyak Goreng Tidak Naik Lagi

Lutfi mengimbau agar pelaku usaha mengikuti aturan pemerintah. Ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng di tengah masyarakat ditentukan dari kepatuhan pengusaha.

“Oleh sebab itu, kami minta pelaku usaha dalam tata niaga minyak goreng untuk mengikuti aturan pemerintah. Hal ini demi memastikan ketersediaan dan keterjangkauan minyak goreng curah di masyarakat,” tegas Lutfi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

mendag muhammad luthfiMinyak Gorengminyak goreng curah