Prof Abdurrohman, Rektor Baru IAIN Kudus

Pelantikan Rektor IAIN Kudus Prof Dr H Abdurrohman Kasdi dan pejabat lain di Jakarta. (Murianews/Humas IAIN Kudus)

MURIANEWS, Kudus – Prof Dr H Abdurrohman Kasdi kini resmi menjabat sebagai rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Jawa Tengah. Ia menggantikan rektor sebelumnya Prof Dr H Mudzakir.

Sebagai rektor baru IAIN Kudus, Prof Abdurrohman secara langsung dilantik Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Senin (6/6/2022) di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementrian Agama, Jakarta.

Prof Abdurrohman mengatakan, jabatan sebagai rektor merupakan sebuah amanah yang harus dimanfaatkan secara maksimal untuk lebih memajukan dan mengembangkan IAIN Kudus. Selain itu, juga membantu sesama terutama civitas akademika IAIN Kudus.

Pihaknya juga akan melanjutkan capaian prestasi kepemimpinan rektor sebelumnya, dengan berpegang pada kaidah “Al-Muhaafadhatu ‘Alaa Qadiim Al-Shaalih Wal Akhdu Bil Jadiid Al-Ashlah” (Mempertahankan hal-hal lama yang masih baik dan mengambil inisiasi dan hal-hal baru yg lebih baik).

“Ada banyak hal yamg akan menjadi prioritas. Seperti pemberdayaan semua potensi di IAIN Kudus, reakreditasi,  transformasi IAIN ke UIN, Zona Intergritas, dan akselerasi guru besar,” jelasnya, Selasa (7/6/2022).

Baca: Si Cantik Anak Petani Blora Raih Cumlaude di IAIN Kudus

Kemudian, langkah yang akan dilakukan setelah prosesi pelantikan ini,  sambung dia, yakni memperluas jaringan dan kerja sama baik nasional maupun internasional. Serta menginisiasi kolaborasi penelitian dan penulisan artikel ilmiah bereputasi internasional.

“Kami akan memberikan kesempatan selebar-selebarnya kepada semua civitas akademika IAIN Kudus untuk peningkatan karir dan kepangkatan,” ungkapnya pria yang sebelumnya menjabat sebagai direktur pascasarjana IAIN Kudus itu.

Tak hanya itu,  pihaknya juga akan mengembangkan potensi lokal, seperti nilai-nilai bagus, ngaji, dagang (Gusjigang) sebagai kearifan lokal agar menjadi kajian keislaman di Indonesia.

Sebagai Informasi, dalam pelantikan tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga melantik sejumlah rektor perguruan tinggi keagamaan negeri lain, serta mengukuhkan sejumlah kepala biro sesuai dengan nomenlaktur jabatan pimpinan tinggi pratama.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita KudusIAIN Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus hari inirektor iain kudus