Jemaah Haji Sebaiknya Pakai Masker dan Perbanyak Minum Air Putih saat di Arab Saudi 

Ilustrasi ibadah haji. (Twitter/@hsharifain)ji

 

MURIANEWS, Jakarta – Para jemaah haji yang sudah sampai di Arab Saudi, disarankan agar tetap menggunakan masker. Hal itu untuk menghindari cuaca ekstrim di tanah suci. Sekali pun Pemerintah Arab Saudi juga sudah tidak mewajibkan untuk menggunakan masker.

Saran tersebut disampaikan oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi Abdul Azizi Ahmad. Menurutnya, cuaca di Arab Saudi saat ini sedang tidak baik-baik saja. Sehingga mengantisipasi akibat cuaca buruk dinilai lebih penting.

“Masker secara resmi sudah bukan wajib. Tapi ada baiknya pakai masker untuk kita sendiri, terutama bagi yang ada gangguan flu dan batuk. Lebih baik pakai masker lebih aman pakai masker,” kata Abdul Aziz, dikutip dari Antara, Sabtu (4/6/2022).

Dia menjelaskan, situasi di Arab Saudi saat ini terdapat angin debu. Selain itu cuaca panas hingga mencapai 45 derajat celcius.

Karena itu, Jemaah juga perlu untuk membawa dan meminum air putih yang banyak serta membawa makanan ringan untuk membantu kesiapan fisik.

Baca: DPR Desak Arab Saudi Libatkan Negara Pengirim Jemaah untuk Tentukan Biaya Haji

Menurut dia, kesiapan Arab Saudi untuk pelaksanaan haji 1443H/2022M sudah sangat baik bagi jamaah Indonesia. Selain itu mereka juga sudah banyak memberikan kemudahan.

“Kita patut berbangga Arab Saudi sudah menyiapkan sangat luar biasa. Bagi saya ini mukjizat. Karena situasinya beda dengan sebelumnya,” tambah Azis.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Antaranews.com

arab saudiJemaah Hajitetap memakai masker