Puluhan UMKM di Kudus Mejeng di Expo Dies Natalis UMK

UMKM di Kudus mejeng di stan expo UMK. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Puluhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mejeng di Universitas Muria Kudus (UMK). Para UMKM omo untuk menjajakkan daganganya dalam Expo dies natalis UMK yang ke-42 yang mengusung tema ‘UMK Unggul UMKM Maju’.

Ada 40 UMKM di Kudus mejeng di stan-stan yang ada di halaman parkir UMK, hingga halaman depan gedung rektorat mulai Kamis-Sabtu (2-4/6/2022). Mulai dari minuman kekinian, sirup parijoto, pentol mercon, hingga aneka camilan ringan tersedia di expo UMKM itu.

Rektor UMK Prof Darsono mengatakan, expo UMKM yang ini merupakan serangkaian acara yang digelar saat dies natalis ke. Pihaknya ingin sebagai institusi pendidikan perguruan tinggi, UMK bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami di institusi pendidikan untuk masyarakat,” katanya, Kamis (2-4/6/2022).

Baca: Puluhan Mahasiswa UMK Kudus Peroleh Beasiswa dari BI

Expo kali ini, sambung dia, disambut antusias oleh berbagai kalangan masyarakat yang memiliki UMKM. Pihaknya menginginkan adanya expo UMKM seperti ini bisa sebagai pemantik untuk membangkitkan dan menggeliatkan kembali UMKM setelah adanya pandemi.

“Antusias cukup tinggi ada 40 UMKM. Itupun sudah menolak-nolak karena penuh. Ini pertanda ekonomi sudah mulai bergeliat kembali, dan expo seperti ini sangat mereka butuhkan,” ujarnya.

Sementara Arvin Ahmad Maulana salah satu pelaku UMKM menjelaskan, even seperti ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh pelaku UMKM.

Ia menjajakan produk-produk kuliner. Seperti minuman kekinian, kripik pisang balado, hingga pizza.

“Setelah sekian lama ada pandemi alhamdulillah ada even seperti ini. Semoga bisa jadi jembatan UMKM untuk lebih bergeliat dan maju,” ujarnya.

Pihaknya berharap, even expo UMKM seperti ini diharapkan bukan hanya digelar sekali saja. Melainkan, akan menjadi even rutinan yang digelar di kampus UMK.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus hari iniUMK Kudus