Kajar dan Sunggingan Wakili Kudus di Lomba Desa Tingkat Jateng

Kepala Desa Kajar Bambang Totok S saat menerima SK Desa Wisata dari Bupati Kudus HM Hartopo beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Desa Kajar, Kecamatan Dawe, dan Kelurahan Sunggingan, Kecamatan Kota, mewakili Kabupaten Kudus dalam lomba desa dan kelurahan (Lomdeskel) 2022 di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Keduanya terpilih setelah berhasil menjadi pemenang lombdeskel tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemberdayaan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendampingan kepada desa dan kelurahan di Kudus yang maju tingkat Provinsi Jawa Tengah itu.

Lebih lanjut, ia menyebut, berkas administrasi baik dari Desa Kajar ataupun Kelurahan Sunggingan juga sudah dikirimkan ke Pemprov Jateng.

“Berkas secara administrasi sudah kami kirimkan pada pekan ketiga bulan Mei 2022. Ini penilaiannya sudah mulai berjalan,” katanya, Senin (30/5/2022).

Baca: Alun-Alun Lama Kudus Bakal Dihidupkan Lagi

Ia menjelaskan, ada sejumlah aspek yang dipersiapkan untuk lomba yang diikuti desa dan kelurahan di Kudus itu. Mulai dari aspek pemerintahan, kewilayahan, hingga aspek kemasyarakatan.

“Semua potensi yang ada di desa dan kelurahan akan dipaparkan. Seperti aktivitas pemerintahan, mitigasi kebencanaan yang masuk dalam aspek kewilayahan, sampai tata kelola potensi-potensi perekonomian yang ada di desa dan kelurahan yang lain,” jelasnya.

Pihaknya berharap desa dan kelurahan yang mewakili Kabupaten Kudus di lomba tingkat provinsi ini bisa jadi pemenang dan terus mengembangkan potensi yang ada di desa.

“Jika masuk nominasi, kemungkinan bulan Juni 2022 nanti sudah mulai klarifikasi lapangan,” ucapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus hari iniLomba Desa