Alun-Alun Lama Kudus Bakal Dihidupkan Lagi, Ini Kata Pemerhati Sejarah

Lokasi Alun-Alun Lama Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berencana menghidupkan kembali Alun-Alun Kudus yang lama. Pemerhati sejarah pun memberi catatan mengenai rencana ini.

Alun-alun lama itu, terletak di Taman Menara Kudus, Jalan Sunan Kudus, Dukuh Pejaten, Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kudus.

Akademisi sekaligus pemerhati sejarah dari IAIN Kudus Moh Rosyid mengingatkan ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan dalam pengerjaannya nanti.

Poin pertama yang harus dilakukan pemkab adalah mendengar masukan dari sejumlah tokoh agama maupun sejarawan yang ada di Kudus. Utamanya mereka yang lahir dan besar di kawasan tersebut.

“Agar ketika nanti direvitalisasi, desain yang bersejarah itu tidak hilang dan masih melekat di dalamnya,” kata Rosyid, Sabtu (28/5/2022).

Baca: Alun-Alun Lama Kudus Bakal Dihidupkan Lagi

Kemudian jika berbicara mengenai desain, Rosyid mengusulkan agar sejumlah bangunan dan ciri otentik alun-alun lama tidak dihilangkan.

Adapun ciri tersebut adalah Masjid Madureksan, Kelenteng Hok Tik Bio, dan pohon beringin tua.

“Tiga elemen ini adalah ciri dari alun-alun lama yang juga sebagai simbol toleransi di kawasan Menara, hal-hal itulah yang harus dirembuk bersama antara pemkab dan pihak-pihak terkait lainnya agar nanti pembangunan tidak muspro (sia-sia, red),” tandasnya.

Baca: Alun-Alun Lama Kudus Ada di Sini Lho

Bupati Kudus HM Hartopo pun menyatakan jika saat ini proses menghidupkan kembali alun-alun lama itu mmasih dalam proses pengalihan aset. Ketika proses tersebut rampung, pihaknya akan mulai menganggarkan revitalisasi alun-alun tersebut sehingga bisa digunakan sebagai kawasan budaya.

Alun-alun lama sendiri, sejak beberapa tahun terakhit tengah beralihfungsi menjadi taman Menara. Lokasi ini juga menjadi pangkalan tukang ojek menara.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

alun-alun lama kudusBerita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus hari ini