Warga Banyutowo Pati Gotong Royong Buat Tanggul Laut Darurat

Warga gotong-royong membuat tanggul sementara di pesisir Desa Banyutowo. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Warga Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah bergotongroyong membetulkan tanggul laut yang jebol, Jumat (27/5/2022).

Diketahui, tanggul tersebut jebol pada Senin (23/5/2022). Tanggul tersebut jebol sekitar 50 meter setelah dihantam ombak tinggi.

Camat Dukuhseti Imam Rifai mennatakan, perbaikan darurat itu untuk menahan gelombang pasang untuk sementara waktu. Itu agar gelombang pasang tak merendam rumah warga di tepi pantai.

Baca: Rob Bikin Petani Tambak Pati Rugi Rp 28 Miliar

“Saat ini gelombang pasang memang sudah mulai menurun dan mereda, Sudah landai sampai saat ini berdasarkan pantauan kami,” ujar Imam Rifa’i, Jumat (27/5/2022).

“Dan untuk mencegah limpasan gelombang pasang ke permukiman akibat tanggul yang rusak itu, kami melakukan penggalangan dana swadaya untuk menyiapkan batu belah. Untuk menjadi tanggul sementara,” imbuhnya.

Total dari penggalangan dana swadaya itu terkumpul sebanyak 13 dump truk batu belah. Batu belah itu bantuan dari pihak kecamatan setempat, LAZISNU ranting dan kecamatan, pihak desa dan seorang warga setempat.

“Kemarin warga bergotong-royong memindahkan batu belah dari tepi jalan dan dipasang di tepi pantai. Ini sifatnya hanya tanggul secara sementara,” katanya.

“Kalau yang permanen biasanya dengan pemasangan bronjong seperti di sebelahnya. Sementara untuk perbaikan secara permanen belum diketahui, saat ini kami baru kordinasi dengan dinas terkait selaku yang berwenang,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Bupati Pati Haryanto menambahkan kebutuhan untuk menambal tanggul jebol ini sekitar 50 rit (truk) batu. Sebagian sudah dibantu masyarakat secara swadaya.

“Nanti kekurangan kita bantu dari pemerintah. Kalau menunggu pemerintah biasanya agak lama. Nanti kita gerakkan swadaya. Itu hanya membutuhkan batu. Nanti ditata. Kebetulan saat ini kan agak landai,” imbuh Haryanto.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Banyutowogotong royonginfo muriapati