Sebelum Jembatan Juwana Dibongkar, Bupati Pati Minta Jalur Alternatif Disiapkan Dulu

Rapat penentuan pembangunan Jembatan Juwana di Ruang Joyo Kusumo Setda Pati, Jumat (27/5/2022). (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Jembatan Juwana ditargetkan dibongkar dalam waktu dekat ini. Bupati Pati, Haryanto pun meminta agar jalur alternatif disiapkan lebih dulu sebelum pembongkaran dilakukan.

Haryanto tak mau pembongkaran Jembatan Juwana membuat kemacetan panjang. Lebih lagi, Maret lalu terjadi kemacetan di Jalur Pantura Pati-Rembang selama beberapa hari akibat perbaikan jalan.

“Kalau saya bukan masalah besok Senin (Jembatan Juwana ditutup dan dibongkar). Yang penting mengalihkan jalur yang sudah fix dan tidak menimbulkan kemacetan itu. Baru (Jembatan Juwana) bisa ditutup (untuk pembongkaran),” ujar Haryanto saat rapat penentuan pembangunan Jembatan Juwana di Ruang Joyo Kusumo Setda Pati, Jumat (27/5/2022).

Baca: Pembongkaran Jembatan Juwana Pati Ditarget Senin

Rapat itu dihadiri PT Bukaka Teknik Utama Tbk selaku pelaksana pekerjaan, perwakilan Kementerian PUPR, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing dan beberapa pihak terkait. Itu merupakan rapat yang keempat kali.

Dalam rapat sebelumnya, pembongkaran Jembatan Juwana direncanakan 4 Juni 2022. Namun, rencana itu dinilai perlu diubah menyusul adanya kebakaran di kolong jembatan itu Minggu (22/5/2022).

“Jangan sampai jalur alternatif nanti menimbulkan kemacetan. Jalur Bumirejo dialihkan di (jalan depan) SMK Diponegoro. Jalur Bumirejo keluar kita tutup,” kata Haryanto kepada awak media selepas rapat.

Baca: Jembatan Juwana Pati Segera Dibongkar, Sebabnya…

Ia pun menilai jadwal pembongkaran Jembatan Juwana belum pasti. Tergantung kesiapan jalur alternatif dan petugas di lapangan. Haryanto bersama Kapolres Pati mangaku akan mengecek secara langsung  kesiapan jalur alternatif.

“Yang awalnya tanggal 4 (Juni), belum pasti. Kalau belum siap ya ditunda. Karena kita ingin pembangunan jembatan berjalan dengan baik dan jalur alternatif tidak menimbulkan macet,” tutur dia.

Sementara itu, Construction Manager PT Bukaka Teknik Utama Tbk Jateng, Fathoni mengatakan pihaknya siap memperlebar Jembatan Juwana Setalah. Trotoar di jembatan itu akan dipangkas dan dijadikan jalan agar lebih banyak kendaraan yang bisa melintas.

“Kita juga akan menyiapkan rambu-rambu untuk pengalihan arus,” tandas Fathoni.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

info muriaJembatan JuwanapatiPembongkaran Jembatan Juwana