SMPN 2 Kudus Punya Masjid Baru, Ini Pesan Bupati Hartopo

Bupati Kudus HM Hartopo menijau Masjid Khalifah di SMPN 2 Kudus yang baru diresmikan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo meresmikan Masjid Khalifah SMPN 2 Kudus, Rabu (25/5/2022). Hartopo mengaku sangat mengapresiasi SMPN 2 Kudus yang telah mendirikan masjid di lingkungan sekolah itu.

“Ini merupakan suatu prestasi, karena belum semua SMP di Kudus memiliki masjid. Apalagi masjid ini berdiri hasil swadana dan swadaya,” kata Hartopo saat sambutan peresmian masjid, Rabu (25/5/2022).

Pihaknya berpesan kepada seluruh jajaran di SMPN 2 Kudus agar bisa memakmurkan Masjid Khalifah yang sudah diresmikan ini.

Jangan sampai masjid yang sudah didirikan dengan biaya ratusan juta itu, tidak digunakan untuk salat jemaah atau kegiatan keagamaan lain.

“Di masjid inilah tempat di mana harus menunaikan kewajiban ibadah salat bagi umat muslim. Karena salat lima waktu merupakan salah satu tiang agama,” ucapnya.

Baca: Masjid Khalifah SMPN 2 Kudus Diresmikan Bupati

Agar hal tersebut terwujud Hartopo pun meminta kepala sekolah untuk membuat standar operasional (SOP) di Masjid Khalifah. Di mana bisa dengan manajemen salat berjemaah warga sekolah yang diatur sedemikian rupa.

“Mungkin jadwal salat berjemaah seperti saat salat zuhur bisa diatur, ketika dengar azan bisa langsung salat berjemaah. Dan mungkin ada SOP lagi satu pekan atau satu bulan sekali ada dialog kegamaan dan kegiatan keagamaan lain yang bisa dilakukan di masjid tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala SMPN 2 Kudus Sujarwo berjanji akan mengelola dan menjaga kemakmuran Masjid Khalifah dengan baik. Pihaknya juga berencana akan membentuk struktur kepengurusan masjid, dan menyediakan marbot khusus untuk merawat masjid.

Selain itu, pihaknya juga akan mengatur waktu pembelajaran agar saat azan berkumandang, guru dan siswa bisa salat berjemaah. Masjid Khalifah juga nantinya direncanakan untuk beribadah salat Jumat.

“Dengan masjid ini juga kami harapkan bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa hingga para guru di sekolah,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus hari inismpn 2 kudus