Takmir Masjid di Kudus Diberi Pengetahuan soal Keuangan Syariah

Pelatihan manajemen masjid dan sosialisasi literasi keuangan syariah pada takmir masjid di Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Para takmir masjid di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diberi pengetahuan tentang keuangan syariah. Pelatihan itu digelar Bank Syariah Indonesia (BSI) bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kudus di aula DPRD Kudus, Rabu (25/5/2022).

Regional CEO PT Bank Syariah Indonesia Regional VIII Semarang Imam Hidayat Sunarto menyampaikan, sosialisasi ini sangat diperlukan. Mengingat masih banyak masyarakat umum yang menganggap cara kerja bank syariah sama halnya seperti bank konvensional pada umumnya.

Padahal, sambung dia, seluruh transaksi di perbankan syariah harus sesuai syariah karena ada dewan pengawas syariah.

“Kepastian pengelolaan secara syariah juga diperkuat dengan fatwa MUI, jadi tidak bisa menjalankannya dengan ngawur,” kata dia di sela sosialisasi.

Ketika ada transaksi yang tidak sesuai, lanjutnya, maka konsekuensinya adalah pendapatan akan dibatalkan. Setelahnya, pendapatan tersebut tidak boleh diakui sebagai pendapatan maupun keuntungan syariah.

“Pendapatan itu kemudian harus digunakan untuk kegiatan sosial,” sambungnya.

Baca: Keuangan Syariah Dipercaya Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi

Terkait kerja sama dengan DMI dan takmir masjid ini, dia berharap pelayanan syariah bisa masuk ke masjid-masjid di Kabupaten Kudus. Sehingga nanti, masjid tidak hanya berperan sebagai pusat ibadah, tetapi juga bisa menjadi pusat literasi perbankan syariah.

“Yang tujuannya adalah untuk berdayakan ekonomi umat dan berdayakan UMKM sekitar,” pungkasnya.

Bupati Kudus Hartopo menyambut positif adanya sosialisasi literasi keuangan para takmir masjid di Kudus ini. Sehingga dalam pengelolaan keuangan nanti bisa menjadi lebih transparan dan bisa dipertanggung jawabkan.

“Kecanggihan teknologi perbankan harus dimanfaatkan dengan maksimal. Kami juga berharap kegiatan literasi keuangan perbankan syariah ini juga ditindaklanjuti hingga menyasar takmir masjid di tingkat desa-desa,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskeuangan syariahkuduskudus hari initakmir masjid