Seluruh Tempat Wisata Pati Bakal Punya Bank Sampah, Ini Tujuannya

Bukit Pengusen, Desa Gulangpongge, Gunungwungkal, salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pati. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Seluruh tempat wisata di Kabupaten Pati bakal punya bank sampah. Pencanangan itu dilakukan DLH Pati dengan tujuan mengurangi dampak sampah di tempat wisata.

Kepala DLH Pati, Tulus Budiharjo menjelaskan, pihaknya bakal membuat bank sampah di lokasi wisata yang memiliki potensi buangan padat sampah. Pihaknya telah mengidentifikasi terkait hal tersebut.

“Sudah kami komunikasikan sama Disporapar. Nanti kerja sama kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Yang namanya sampah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Tapi, ada hal yang bisa diambil secara ekonomi,” ujar Tulus, baru-baru ini.

Baca: Pati Punya 12 Desa Wisata Baru

Ke depan, pihaknya berencana membuat unit-unit bank sampah di tempat-tempat wisata di seluruh Kabupaten Pati. Menurutnya, sampah yang mendominasi tempat wisata yakni sampah kemasan. Sehingga, hal itu dirasa bisa dimaanfatkan jadi sumber ekonomi.

“Di tempat wisata kebanyakan sampah makanan dan minuman kemasan. Jadi bisa masuk ke bank sampah semua. Supaya bisa mengurangi volume sampah yang ada dan bisa menjadi sumber penghasilan,” imbuhnya.

Lebih lanjutnya, sementara bank sampah di tempat wisata, baru di Obyek Wisata Gua Pancur, Kecamatan Kayen. Akan tetapi, menurutnya, sistem pengelolaan belum maksimal. Adapun bank sampah tidak membutuhkan anggaran untuk operasional.

“Karena kita wisatanya alam, jadi arealnya cukup luas, sehingga menjadi masalah tersendiri. Akan tetapi akan menjadi masalah kalau dibiarkan. Jadi, itu perlu diperhatikan lebih lanjut,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Bank Sampahinfo muriapatiWisata