KUDUS FESTIVAL 2022

Rokok Klobot Sukun Sedot Perhatian di Kudus Festival

Pekerja PR Sukun tengah memperagakan melinting rokok klobot di Kudus Festival di Jakarta. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Namanya Rokok Klobot Sukun. Bungkusnya berbeda 180 derajat dari rokok kretek maupun filter yang terbuat dari kertas. Bungkus rokok klobot ini terbuat dari kulit jagung.

Kulit tersebut, disetrika menggunakan setrika arang hingga menjadi lurus dan mudah dilinting (digulung) layaknya rokok umum. Walau memang, bentuk rokok setelah dilinting juga sangat berbeda dibanding rokok pada umumnya.

Rokok klobot, akan berbentuk kerucut setelah dilinting menggunakan tangan.

Rokok klasik ini menyedot perhatian pengunjung Kudus Festival “Kota Empat Negri” yang diselenggarakan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di Museum Satria Mandala, Sabtu (21/5/2022).

Terlebih dalam even itu petugas PR Sukun juga memperagakan cara melinting rokok klasik ini.

“Bedanya memang dari cara melintingnya. Kalau rokok kretek kan ada alatnya, kalau rokok klobot itu pakai tangan ngelinthingnya,” kata Suyatmi, salah satu buruh rokok pembuat klobot di PR Sukun.

Baca: Tabuhan Beduk dan Tari Kretek Buka Kudus Festival di Jakarta

Selain cara melintingnya, saus tembakau yang digunakan untuk rokok klobot Sukun juga berbeda. Sehingga rasa yang muncul saat rokok dihisap adalah cita rasa khas, unik, namun enak.

Pelinting rokok klobot lainnya, Sagin, menambahkan jika ada dua jenis rasa untuk rokok klobot buatan PR Sukun ini.

Adapun yang pertama adalah rokok dengan rasa manis yang ditandai dengan ikatan benang berwarna hijau. Sementara satu rasa lainnya adalah rasa tawar yang dikat dengan benang berwarna merah.

“Saya sudah melinting klobot sejak tahun 77 sampai sekarang dan biasanya sampai 700 linting rokok per harinya. Tidak ada yang berubah sampai sekarang, rasanya masih otentik,” pungkas dia.

Baca: Hawuk-Hawuk, Penganan Jadul Khas Wates Mejeng di Kudus Festival Jakarta

Agus, salah satu warga Jakarta yang kebeulan berkunjung di Kudus Festival mengaku baru pertama kali ini mencoba rokok klobot Sukun. Dia yang juga merupakan perkokok aktif itupun mengaku cukup asing dengan rasanya.

“Jadi mau dibilang pernah merasakannya tapi ya belum pernah, rasanya unik sekali,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

info kudusJatengkabar kuduskuduskudus festivalkudus hari iniPR Sukunrokok klobot