IDI Bangun Sumur dan 20 Jamban di Pati

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membangun sumur bersih dan 20 jamban untuk masyarakat Desa Sumbersoko, Sukolilo, Pati, Jumat (20/5/2022). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membangun sebuah sumur untuk kebutuhan air bersih dan 20 jamban bagi warga Desa Sumbersoko, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jumat (20/5/2022).

Kegiatan itu merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke 114. Puncak kegiatan itu sendiri diselenggarakan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ketua IDI Pati, dr Cahyono Hadi mengatakan kegiatan itu merupakan perintah langsung Pengurus Besar (PB) IDI pusat. Pihaknya memilih Desa Sumbersoko lantaran terletak di daerah yang sulit mencari sumber air bersih.

Baca: Jadi Tempat Pembuka, Ini Tema dan Kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia di Pati

“Pencanangan di Kabupaten Pati, karena itu perintah PB IDI. Tadi pagi ada pembuatan sumur bor dan 20 jamban untuk Desa Sumbersuko, Sukolilo. Kenapa kami pilih, karena itu desa binaan IDI Cabang Pati,” ujar dokter yang juga menjabat Direktur RSUD Moewardi, Surakarta ini.

“Segela sesuatu harus bersih, air bersih. Mungkin butuh bantuan, karena air di sana sangat kurang. Sumur ada satu, dan ada 20 jamban,” lanjut dia.

Selain itu, pihaknya juga laksanakan donor darah, workshop di berbagai daerah dan menggelar dialog interaktif yang diikuti IDI se-Indonesia.

Ia berharap di momen HBDI ke 114 ini, dokter di Indonesia semakin profesional menjaga marwahnya sebagai pengabdian masyarakat. Cahyono juga berharap dokter membantu pemerintah di bidang kesehatan.

Bantuan itu diapresiasi Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin. Pria yang akrab disapa Safin itu menyampaikan terimakasihnya pada IDI. Ia berharap bantuan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini sangat bermanfaat kepada masyarakat. Dengan begitu masyarakat semakin hidup bersih,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yunita Dyah. Ia menilai langkah itu merupakan bukti IDI mempunyai peran sosial yang nyata.

“Ini adalah salah bentuk IDI dalam perannya social disability. Kita hargai ini. Marwah harus dijaga. Menyelenggarakan hari Bakti di sini IDI Reborn mereformasi agar lebih baik. Melindungi dan membina,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

HBDIHBDI Ke 114IDIinfo muriapati