Ribuan Warga Kota Kretek di Jabodetabek Bakal Ngumpul di Kudus Festival

MURIANEWS, Kudus – Kudus Festival persembahan Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) di daerah Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebentar lagi digelar.

Ribuan pengunjung yang merupakan warga perantuan dari Kabupaten Kudus dan juga masyarakat Jabodetabek pun diperkirakan bakal tumpah ruah di acara yang dihelat di Museum Satria Mandala Jakarta pada Sabtu (21/5/2022) dan Minggu (22/5/2022) akhir pekan ini.

Ketua FKMK Jakarta Marskal Madya TNI (Purn) Eris Herryanto menyebut, ajang ini akan menjadi wadah bagi warga Kudus di Jabodetabek untuk berkumpul sejenak dan melepas kerinduan bersama. Utamanya dengan kebudayaan dan makanan-makanan khas Kota Kretek.

Dalam gelaran kali ini, FKMK memang sengaja memboyong sejumlah kebudayaan daerah untuk show di sana. Mulai dari kesenian barongan, kirab jenang, ketoprak hingga wayang klithik khas Wonosoco Undaan Kudus.

Baca: Kudus Festival di Jakarta Gratis untuk Seribu Pengunjung Pertama

Selain itu, kuliner khas seperti lentog, sate kebo, sego tahu telor, sego pindang, soto Kudus, opor gosong, garang asem, sego jangkrik, dan aneka cemilan seperti getuk nyimut es gempol, leker, kopi muria, nanti ada di Kudus Festival.

“Ini adalah festivalnya warga Kudus di Jakarta, kami ingin menghadirkan sebuah acara di mana suasananya kami buat sedemikian mirip dengan Kudus, mulai dari budaya, makanan, hingga suasana,” katanya, Jumat (20/5/2022)

Eris menambahkan, pada hari pertama gelaran Kudus Festival, ikut disisipkan temu alumni SMAN 1 Kudus atau Ikatan Alumni SMA Satu Kudus (Iasku) lintas angkatan. Sehingga sangat dimungkinkan jumlah pengunjung Kudus Festival akan tembus seribuan orang.

Baca: Kudus Festival di Jakarta Angkat Produk Unggulan UMKM Kota Kretek

Walau begitu, pihaknya memastikan masyarakat umum masih bisa menikmati sajian hiburan yang tersedia. Mulai dari cerita budaya dan kesenian dari narasumber  seperti Gus Mus, KH Jadul Maulana, hingga Sosiawan Leak.

Kesenian barongan juga akan tampil di hari pertama sebagai penutup rangkaian acara pada hari itu.

“Stan makanan khas Kudus juga sudah ada sejak hari pertama, Kami sangat membuka pintu selebar-lebarnya kepada siapapun yang ingin mengetahui budaya Kudus atau sekedar melepas rindunya akan kota tercintanya, silahkan datang saja ke festival ini di waktu dan tempat yang telah dijadwalkan,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kudusJatengkabar kuduskuduskudus festivalkudus hari ini