Produk Batok Kelapa dari Kudus Tembus Eropa

Perajin batok kelapa Tiar Bachroni menunjukkan produk batok kelapa buatannya. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Beragam produk batok kelapa buatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, laku hingga ke pasar luar negeri. Peminatnya berasal dari Asia hingga Eropa.

Produk batok itu karya Tiar Bachroni dari Oni Made Batok Craft Kudus. Roni sapaan Tiar Bachroni pernah mendapatkan pesanan 100 pcs produk mangkok batok kelapa dari Filipina.

Saat itu dia menjual satu produk mangkok itu seharga Rp 10 ribu.

“Pelanggan dari Filipina itu tau produk-produk saya dari Instagram. Terus mereka pesan dan saya menyanggupi,” katanya, Sabtu (14/5/2022).

Baca: Pria di Kudus Ini Produksi Bra dari Batok Kelapa, Ternyata Laris

Selain produk mangkok dari batok kelapa, dia juga membuat bra dari batok kelapa yang diminati oleh orang Jamaika. Saat itu orang Jamaika pesan 100 pcs bra dari batok kelapa seharga Rp 1,5 juta di 2019.

Produknya juga dipesan warga Inggris. Tak tanggung-tanggung, Roni pernah kirim produk batok kelapa hingga beberappa kali ke negeri Ratu Elizabeth itu.

“Tiga kali saya kirim ke sana dengan pelanggan yang berbeda. Ada yang seharga Rp 1 juta, Rp 5 juta, dan Rp 8 juta. Pesanannya beragam, ada cangkir, mangkok, piring juga,” sambungnya.

Roni menyampaikan, mereka yang membeli produknya itu ada yang digunakan untuk pribadi, ada juga yang dijual lagi.

“Proses biasanya saya butuh waktu satu bulanan. Mekanismenya mereka DP dulu 50 persen. Kemudian, sebelum saya kirim produknya, harus sudah lunas dulu,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Batok KelapaBerita Kudusinfo kudusJatengkabar kudusKerajinan Tangankuduskudus hari ini
Comments (0)
Add Comment