Koalisi Indonesia Bersatu Diprediksi Rontok Sebelum 2024

Airlangga Hartanto, Zulhas dan Monorfa bertemu di Menteng, Jakarta Pusat (detik.com)

MURIANEWS, Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu yang merupakan bantukan tiga partai, yakni partai Golkar, PAN dan PPP, diprediksi akan rontok sebelum 2024. Bahkan koalisi tersebut akan goyah pada 2023 , tanda-tanda akan semakin kelihatan.

Prediksi itu disampaikan oleh Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin. Dia memberikan alasan, Koalisi Indonesia Bersatu itu tidak memiliki tokoh bakal calon presiden (capres) potensial yang memiliki elektabilitas tinggi yang bisa diusung maju di 2024.

“Tantangan itu merupakan kekurangan dari koalisi tersebut kalau koalisi itu terjadi. Lihat saja nanti perkembangannya, saya melihat akan goyah koalisi ini,” kata Ujang, dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (13/5/2022).

Baca: Gorlkar, PPP dan PAN Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu

Menurutnya, koalisi ini ingin membentuk poros kekuatan baru untuk menghadapi Pemilu 2024. Namun, langkah tersebut bertolak belakang dengan kultur pembentukan koalisi partai politik yang biasa terjadi di Indonesia.

Dia menilai langkah mendeklarasikan koalisi secara dini rentan digembosi.

Baca: Fahri Hamzah Tiba-Tiba Minta Koalisi Indonesia Bersatu Dihentikan

“Bangunan koalisi di Indonesia itu biasanya bermain di ujung, jelang pendaftaran. Pada hari ini, mereka bermain di awal, ini rentan digembosi, dipecah, dibusuki. Ini yang harus dipikirkan mereka,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

golkarkoalisi indonesia bersatuPANppp