Menag Yaqut Ingin Undang Paus Fransiskus ke Indonesia, Tunjukkan Indahnya Keberagaman

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Bupati Blora Arief Rohman memberi keterangan pada wartawan. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Jakarta- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berencana akan mengundag pimpinan besar umat katolil Paus Fransiskus ke Indonesia. Menag akan menunjukkan betapa keberagaman di Indonesia amat sangat indah dan toleransi tetap terjaga.

“Saya ingin menghadirkan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melihat langsung indahnya keberagaman di Indonesia, sekaligus menyapa umat Katolik Indonesia secara langsung,” ujar Yaqut dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Rencananya, undangan tersebut akan dilayangkan setelah kondisi covid-19 di Indonesia sudah melandai. Sehingga diharapkan paus Fransiskus juga berkenan untuk datang ke Indonesia.

Untuk mempersiapkan semuanya, Yaqut pun meminta kepada Dirjen Katolik untuk menelaah rencana tersebut.

Baca: Ciro Immobile Diminta Jadi Wasit Oleh Paus Fransiskus

“Mudah-mudahan setelah kondisi normal, beliau bisa hadir ke Indonesia. Saya minta Pak Plt Dirjen Katolik menjajaki rencana mengundang beliau,” kata Yaqut.

Yaqut bercerita saat pertemuannya dengan Paus Fransiskus pada 2019 lalu. Yaqut mengapresiasi keterbukaan Paus Fransiskus dalam menerima perbedaan.

“Saya bercerita tentang keindahan toleransi di Indonesia dan beliau (Paus Fransiskus) mengaku sangat mencintai Indonesia,” ucap Yaqut.

Baca: Ratusan Alumni 212 Lakukan Aksi Unjuk Rasa, Minta Menag Yaqut Dicopot

Karena itu, upaya untuk mengundang paus fransiskus ke Indonesia bukanlah hal yang tidak mungkin. Di samping itu, Jemaah katolik di Indonesia juga cukup banyak, sehingga akan menjadi suatu yang instimewa apabila paus Fransiskut dapat menyapa langsung umat katolik di Indonesia.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Menag YaqutPaus Fransiskusumat katolik indonesia