Sudah Vaksin dan Tidak Ada Komorbid, Tak Perlu Takut Jalan-Jalan

luhut binsar pandjaitan saat konferensi pers (tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberkan angin segar kepada warga Indonesia di tengah melonjaknya kasus Covid-19. Bahkan Luhut menyarankan agar masyarakat tetap menjalankan mobilitas tanpa merasa hawatir.

Namun, Luhut memberikan syarat kepada masyarakat yang hendak jalan-jalan di tengah melonjaknya covid-19 ini. Yang paling penting adalah, sudah melakukan vaksin dua kali atau bahkan boster dan tidak mempunyai penyakit penyerta.

“Kalau memang dia sudah vaksin, sudah dua kali, sudah booster, tidak ada komorbid ya jalan-jalan saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan,” kata Luhut dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (15/2/2022).

BacaTagar #LuhutBiangKerok Trending Topic di Twitter

Kendati demikian, pihaknya tetap meminta kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Sekali pun berada di tempat umum atau pun tempat wisata, protokol kesehatan harua diutamakan.

“Tetap jangan lupa memakai masker, ini penting karena untuk menjaga diri masing-masing,” terangnya.

BacaHeboh Luhut Terima Telfon Saat Dampingi Jokowi Pidato

Hingga saat ini, pihaknya belum melakukan pengetatan lagi kepada masyarakat. Bahkan saat ini pemerintah justru memberika kelonggaran-kelonggaran untuk warga.
“Jadi kita belum ada lihat pengetatan lagi, justru pelonggaran-pelonggaran yang kita lakukan, tapi dengan monitoring yang ketat,” ujarnya.

Luhut menyebut Covid-19 varian Omicron hanya dua kali lebih mematikan dibandingkan dengan flu biasa.

BacaMenantu Luhut, Mayjen Maruli Simanjuntak Ditunjuk Jadi Pangkostrad

Ia mengatakan hal itu berdasarkan data studi dari luar negeri yang mengonfirmasi menurunnya tingkat kematian karena Covid-19.

“Pada pertengahan 2020, covid 19 dideteksi 13 kali mematikan dari flu biasa. Namun pada awal 2022 ini, omicron diprediksi hanya dua kali lebih mematikan dari flu. Jadi omicron hanya dua kali lebih parah dari penyakit flu,” kata Luhut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

covid-19jalan-jalanluhut binsar pandjaitan