Lokasi Bersejarah Kudus Ini Bakal Dieksplorasi

Alun-alun Simpang Tujuh Kudus yang menjadi salah satu tujuan Lelana Walking Tour. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah lokasi bersejarah di Kabupaten Kudus bakal di eksplorasi. Mulai dari Simpang Tujuh Kudus, Masjid Agung Kudus, hingga Pendapat Kudus.

Rencana kegiatan itu dilakukan Lelana Kudus Walking Tour usai Tahun Baru China atau Imlek. Meski begitu, tanggal pelaksanaannya masih belum ditentukan.

Hidayat, Story Teller Lelana Kudus Walking Tour mengatakan lokasi pusat kota Kudus dipilih lantaran memiliki sejarah. Selain itu agar ada rute baru yang ditempuh.

“Saat ini, kami masih persiapkan dan cari riset terkait rute baru itu. Karena rute biasanya di Desa Langgardalem. Terakhir sebelum Natal dan Tahun Baru kemarin ke Desa Langgardalem,” katanya, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Sejarah Desa Barongan Kudus Lekat dengan Kiai Barong

Menurutnya, pusat kota Kudus juga kental dengan sejarah. Sebab, di pusat kota tempo dulu selalu terdapat Alun-alun, Masjid Agung, dan pusat pemerintahan atau Pendapa.

“Kami rencananya 20-30 orang untuk tournya. Tour sejarah ini penting karena supaya sejarah bisa terus dilestarikan kepada generasi selanjutnya,” terangnya.

Hidayat mengatakan Lelana berdiri sejak 22 Oktober 2019. Selama ini pihaknya memang mengonsep menceritakan sejarah secara have fun.

“Seperti Masjid Agung ini kan sebenarnya satu konsep dengan Alun-alun yang merupakan pola Jawa tempo dulu. Saat ini, kami masih mengkonsep tournya supaya belajar sejarah sambil have fun,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Zulkifli Fahmi

info kudusinfo muriaLelana Walking TourSejarah di Kudussimpang tujuh kudus