Dikunjungi Kemendagri, Jalan Rusak di Hadipolo Kudus Diperbaiki Tahun Ini

Seorang warga tampak melintasi jalanan yang berlubang Desa Hadipolo Kudus, Minggu (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Perwakilan Kemendagri, beberapa waktu lalu mengunjungi jalan rusak di Dusun Sumber, Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Kunjungan itu imbas dari geramnya warga setempat, lantaran jalan desanya rusak parah dan tak kunjung diperbaiki. Mereka melampiaskan kekesalannya dengan menanami batang pohon pisang dan tebu di sejumlah lubang jalan di sana.

Jalan tersebut, merupakan jalan penghubung antardesa dan antarkecamatan. Yakni dari Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae ke Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo.

Aksi warga itu sempat viral di berbagai platform sosial media dan akhirnya terdengar sampai ke Kementerian Dalam Negeri.

Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah (SUPD) II Ditjen Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri pun mengirimkan sejumlah perwakilannya untuk meninjau jalan rusak itu, pada Selasa (18/1/2022) kemarin.

Baca juga: Heboh, Warga Hadipolo Kudus Tanami Jalan dengan Pohon Pisang dan Tebu

Saat dihubungi MURIANEWS, Kepala Desa Hadipolo Sulaeman Slamet membenarkan adanya kunjungan dari Kementerian itu. Dalam kunjungan itu, utusan dari kementerian turut memediasi pemerintah desa setempat dan warganya terkait kesepakatan pembangunan jalan.

“Semuanya sudah beres, sudah tidak ada lagi permasalahan, kami juga sudah sepakat,” katanya Sabtu, (22/1/2022).

Ia mengatakan perbaikan akses jalan tersebut telah masuk skala prioritas pembangunan desa tahun ini. Adapun jumlah anggaran yang akan digelontorkan yakni sekitar Rp 325 juta.

“Plus-minus (kurang lebih) Rp 325 jutaan, jalannya kan lumayan pendek, sekitar 500 meteran,” imbuhnya.

Akses jalan tersebut, lanjutnya, sebenarnya telah diusulkan perbaikannya pada 2019 lalu. Namun karena anggarannya tidak tersedia, rencana itu pun urung dilakukan.

“Di tahun selanjutnya kan ada Covid-19 sehingga anggarannya habis untuk BLT DD, tapi untuk tahun ini InsyaAllah amanlah,” pungkasnya.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan akan mendalami permasalahan jalan rusak di Dukuh Sumber Hadipolo Kecamatan Jekulo tersebut. Bila memang diperlukan bantuan anggaran, maka akan diberikan bantuan keuangan.

“Nanti kalau memang butuh anggaran bisa pakai bankeu,” pungkasnya.

 

Reporeter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

#kemendagrihadipoloinfo kudusinfo muriaJalan Rusakkudus