Ini Hasil Tes PCR Guru dan Siswa dari 39 Sekolah di Kudus

Salah seorang guru di Kudus tengah diswab oleh Nakes untuk pengujian sampel, beberapa.waktu lalu (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Ratusan siswa dan guru di 39 sekolah di Kabupaten Kudus telah mengikuti tes PCR sejak beberapa hari lalu. Kini hasil tes mereka telah keluar, dan dinyatakan negatif Covid-19.

Pelaksanaan tes PCR itu dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudu. Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Pelaksana harian (Plh) Kepala DKK Kudus dr. Andini Aridewi mengatakan, untuk jumlah pasti siswa dan guru yang mengikuti tes PCR masih dalam perhitungan. Di mana, setiap sekolahnya diambil sekitar 20 hingga 40 sampel.

“Jumlah tersebut juga sudah termasuk guru dan staf yang ada di sekolah tersebut,” kata Andini, Sabtu (22/1/2022).

Baca juga: 805 Siswa dan guru di Kudus Dites PCR, Ini Hasilnya?

Pengambilan sampel spesimen, lanjut Andini, masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan. Untuk jadwal pengambilannya, akan menyesuaikan dengan agenda puskesmas di masing-masing wilayah.

“Akan menyesuaikan dengan masing-masing puskesmas ya, bisa hari ini atau mungkin besok dilakukan pengambilan sampel kembali,” imbuhnya.

Walau kini tidak ditemukan kasus, Andini berharap masyarakat yang beraktifitas di sektor pendidikan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Karena meski sudah vaksinasi, protokol kesehatan masiih menjadi poin wajib untuk mencegah dari penularan Covid-19,” pungkasnya.

Bupati Kudus HM Hartopo sebelumnya menargetkan per harinya ada satu sekolah yang diambil sampelnya untuk dites PCR. Ketika nanti ditemukan hasil positif, Pemkab tidak akan serta merta menghentikan kegiatan PTM.

Pemkab, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten akan melakukan tracing dan tracking terlebih dahulu pada spesimen yang positif Covid-19.

“Lha nanti kan kelihatan itu ketika ditracing ada satu, lainnya kan nanti kena tracking semua yang kontak erat itu. Kalau hanya satu ya sudah itu yang karantina dan keluarganya nanti di tracing,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Zulkifli Fahmi

info kudusinfo muriaPelaksanaan PTMpembelajaran tatap mukates pcr