‘Perseteruan’ Haruna Vs Shin Tae Yong, Munculkan Spanduk di Jakarta

‘Perseteruan’ Haruna Sumitro (anggota Exco PSSI) dengan Shin Tae Yong, memasuki babakan baru. Dalam perkembangan terbaru, di Jakarta muncul banyak spanduk dan panflet dukungan terhadap Shin Tae Yong. (Bola.Okezone.com)

MURIANEWS, Jakarta- ‘Perseteruan’ Haruna Sumitro (anggota Exco PSSI) dengan Shin Tae Yong, memasuki babakan baru. Dalam perkembangan terbaru, di Jakarta muncul banyak spanduk dan panflet dukungan terhadap Shin Tae Yong.

Beberapa hari terakhir, dunia sepak bola Indonesia mengalami dua ‘peristiwa’ penting. Usai muncul kegembiraan atas penampilan Piala di Piala AFF 2021, berikutnya muncul pernyataan Exco PSSI, Haruna Soemitro yang menghebohkan.

Anggota Exco PSSI ini menyampaikan komentar yang akhirnya menimbulkan polemik, dengan membentuk kubu dari sebagian pendukung Timnas Indonesia berada di kubu Shin Tae Yong. Kini, banyak pihak yang tampaknya mulai ‘menyerang’ Haruna Sumitro.

Diawali di dunia maya, pada Senin (17/1/2022), muncul tagar STY Stay dan Haruna Out, yang menjadi trending topic di media sosial twitter. Maka, berikutnya pada Selasa (18/1/2022), di Jakarta sudah mulai bertebaran spanduk dan pamphlet dukungan mereka pada Shin Tae Yong.

Sejumlah spanduk dari bahan kain putih terbentang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di Tebet, Jakarta Selatan. Lokasi JPO itu tepatnya berada di depan SMP Negeri 115 Jakarta.

BACA JUGA: Dinilai Gagal Exco PSSI, Shin Tae Yong Dapat Dukungan Nitizen

Ada dua spanduk berwarna putih yang terikat di JPO Tebet tersebut. Satu spanduk memberikan dukungan kepada pelatih asal Korea Selatan, sementara spanduk satunya lagi justru mengecam aksi Haruna.

“Kami bersamamu Shin Tae-yong, La Grande Indonesia,” bunyi dukungan yang dituliskan di JPO Tebet tersebut, Selasa (18/1/2022).

“Diam tak berguna, bergerak nyari perkara, #HarunaOut,” tulis spanduk lainnya.

Tak hanya itu saja, selain spanduk ada juga poster untuk mendukung Shin Tae-yong dan meminta Haruna cabut dari PSSI. Poster kedua gambar Haruna dan Shin Tae-yong itu pun masih di lokasi yang sama, yakni di JPO Tebet.

Nama Haruna Soemitro ramai diperbincangkan karena kritikan tajam yang dilontarkan kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kritikan itu dua kali dilontarkan Haruna Soemitro ke Shin Tae-yong. Pertama, saat hadir di Rapat Evaluasi Shin Tae-Yong pasca Piala AFF 2020 yang berlangsung pada Kamis (13/1/2022).

Selanjutnya, Haruna Soemitro juga diketahui menyampaikan hal yang sama saat menjadi bintang tamu dalam sebuah acara podcast terkenal. Dalam pernyataannya, Haruna Sumitra menyebut Shin Tae-yong tak istimewa karena hanya membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF 2020.

Jika hanya runner-up, maka level Shin Tae Yong dianggap sama dengan pelatih-pelatih terdahulu yang menangani Timnas Indonesia. Penilaian Haruna Sumitro inilah yang pada akhirnya memicu ‘ketidaksenangan’ para pendukung Timnas Indonesia.

Banyak pencinta sepakbola Tanah Air yang menyatakan dukungannya terhadap Shin tae Yong. Karena kesalnya, para pendukung Timnas Indonesia bahkan meminta Haruna Sumitro untuk mundur dari PSSI.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje
Sumber: Bola.Okezone.com

Haruna SumtroPerseteruan Shin Tae Yong Vs Haruna SumitraShin Tae YongSpanduk Dukungantimnas indonesia