Seleksi Perades Blora Dilakukan CAT, MoU dan Pakta Integritas Ditandatangani

Bupati Blora Arief Rohman ikut menyaksikan penandatanganan kerjasama dan pakta integritas seleksi perades Kabupaten Blora. (MURIANEWS/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Pelaksanaan seleksi perangkat desa (Perades) di Kabupaten Blora nantinya akan dilakukan dengan Computer Assisted Test atau tes CAT.

Itu setelah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan perjanjian kerjasama dan pakta integritas antara perguruan tinggi dengan tim penjaringan dan penyaringan perangkat desa di masing-masing desa.

Penandatanganan itu difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Blora di Pendapa Rumah Dinas Kabupaten Blora, Senin (17/1/2022).

Secara simbolis, penandatanganan dilakukan panitia dari Desa Geneng, Kecamatan Jepon dengan IAIN Pekalongan, serta panitia dari Desa Sambongwangan Kecamatan Randublatung dengan UNTAG Semarang.

“Setelah 8 Januari lalu mulai dilakukan pemaparan, presentasi ujian CAT dari beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di depan para Kepala Desa dan tim penjaringan perades,” kata Bupati Blora Arief Rohman.

“Hasilnya ada yang memilih IAIN Pekalongan dan UNTAG Semarang. Sehingga hari ini kita saksikan penandatanganan kerjasama nya untuk nantinya bisa segera dilaksanakan CAT,” lanjutnya.

Baca juga: Dugaan Jual Beli Jabatan, Seleksi Perangkat Desa di Blora Ditunda

Pihaknya berharap ujian CAT seleksi perades ini bisa berjalan dengan baik, dan kondusif dengan menghasilkan perades yang benar-benar berkualitas dan mampu berdampingan dengan pemerintah daerah untuk Sesarengan mBangun Blora.

“Semoga prosesnya berjalan aman dan kondusif. Setelah penandatanganan kerjasama pihak desa dengan PT pelaksana CAT, kita berharap jadwal CAT nya segera keluar. Harapannya bulan Januari ini nanti selesai,” tambah Bupati.

Arief menyampaikan pelaksanaan ujian CAT sepenuhnya menjadi kewenangan tim pelaksana tingkat desa dengan pihak ketiga (perguruan tinggi). Adapun Pemkab Blora hanya memfasilitasi, menghubungkan desa dengan perguruan tinggi yang siap melaksanakan CAT.

“Dengan begitu kita berharap nanti hasilnya benar-benar berkualitas dan transparan,” sambung Bupati.

Adapun Kapolres Blora, AKBP A’an Hardiansyah, berharap seluruh tahapan pengisian perades di Kabupaten Blora bisa dikawal bersama agar lancar dan tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat.

“Blora yang sudah kondusif ini mari kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama. Tahapan pengisian perades ini menjadi tahapan penting yang harus kita kawal bersama,” terangnya singkat.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

blorainfo blorainfo muriaseleksi perangkat desa