Dinilai Gagal Exco PSSI, Shin Tae Yong Dapat Dukungan Nitizen

Exco PSSI menyebut prestasi Timnas Indonesia biasa saja. Penilaian ini dikabarkan membuat Shin Tae Yong tersisinggung, dalam Rapat Evaluasi Timnas Indonesia usai Piala AFF 2021.(facebook.com/pssi/photos/)

MURIANEWS, Jakarta- Setelah ‘dinilai gagal’ oleh Exco PSSI, Shin Tae Yong mendapatkan dukungan dari para nitizen Indonesia. Kabar mengenai ‘tersinggungnya’ Shin Tae Yong karena dinilai gagal, memang menjadi viral di dunia maya akhir-akhir ini.

Sebelumnya, Shin Tae Yong disebutkan merasa tersinggung karena ‘dinilai gagal’ oleh Exco PSSI. Hal itu terjadi dalam Rapat Evaluasi Timnas Indonesia yang digelar PSSI. Belakangan anggota Exco PSSI, Haruna Sumitro berusaha memberikan penjelasan mengenai ‘penilaian’ tersebut.

Sejak itu, dunia maya menjadi hiruk pikuk, membahas persoalan ini. Dalam perkembanganya kini malah muncul tangar #HarunaOut dan #SaveSTY dari netizen Indonesia. Ini merespon munculnya berita-berita yang menyebut Shin Tae Yong merasa tersinggung karena disamakan dengan pelatih gagal di Timnas Indonesia.

Hingga Senin (17/1/2022) pukul 08.50, tanda pagar #HarunaOut ada di posisi nomor satu dalam trending topic Twitter di Indonesia. Netizen riuh mengomentari pandangan salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro tersebut.

Shin Tae Yong dalam hal ini akhirnya mendapatkan banyak dukungan dari warganet. Pelatih asal Korea Selatan ini mendapatkan dukungan sekaligus pujian dalam memimpin Timnas Indonesia.

Sedangkan Haruna Sumitro, yang mengapungkan soal ketersinggungan Shin Tae Yong, akhirnya malah menjadi bulan-bulanan warganet. Para warganet menilai, Haruna tak pantas menyampaikan penilaian tersebut pada Shin Tae Yong.

BACA JUGA: Exco PSSI Sebut Prestasi Timnas Biasa, Shin Tae Yong Tersinggung
Mulai Senin (17/1/2022) dini hari WIB, para netizen bahkan melontarkan seruan bernada negative untuk Haruna Sumitro. Mereka mendukung agar Shin Tae Yong tetap terus menjadi pelatih Timnas Indonesia, dan meminta agar Haruna keluar dari PSSI.

Oleh para netizen, Haruna bahkan juga dikait-kaitkan dengan sejumlah isu miring terkait keberadaan PSSI. Diantaranya soal pengaturan skor yang baru-baru ini dikupas oleh salah satu acara talk show yang terkenal di Indonesia.

Sebelumnya Haruna mengakui Shin tersinggung dengan respons Exco PSSI dalam rapat evaluasi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Haruna menyebut, kalau hanya runner-up di Piala AFF, Timnas Indonesia sudah lima kali mencapainya.

Sehingga, menurut Exco PSSI, apa yang diraih Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 adalah sesuatu yang biasa. Selain itu, Shin Tae Yong juga dinilai selevel dengan pelatih-pelatih lainnya yang pernah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up di Piala AFF.

“Tersinggungnya itu bisa dibilang begini, Indonesia itu kalau hanya runner-up sudah biasa. ‘Sebelum Anda itu [Indonesia] sudah lima kali jadi runner-up’. Ya ada atau tidak adanya Shin Tae Yong itu prestasi tertinggi kita itu runner-up,” ucap Haruna Sumitra seperti yang dilansir banyak media di Indonesia.

Penulis: Budi erje
Editor: Budi erje

Exco PSSIHaruna SumitroPSSIShin Tae Yong