Habib Luthfi Mundur dari Mustasyar PBNU, Kenapa?

Ulama kharismatik Maulana Habib Luthfi bin Yahya saat memberi tausiyah dalam acara Grobogan Berdzikir di Alun-alun Purwodadi, Selasa (2/4/2019) malam. (MURIANEWS,com/Dani Agus)

MURIANEWS, Jakarta- Baru-baru ini beredar kabar bahwa Muhammad Luthfi Bin Yahya atau yang akrab disapa Habib Luthfi, mengundurkan diri dari Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Padahal pengumuman Habib Luthfi dimasukkan dalam struktur organisasi NU tersebut belum ada sepekan.

Ikhwal pengunduran diri Habib Luthfi itu rupanya dibenarkan oleh pendakwah kontemporer Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah. Dia memastikan kabar tersebut secara langsung kepada Habab Luthfi.

“Saya konfirmasi kebenarannya, beliau mengatakan itu valid (mundur dari Mustasyar PBNU),” kata Gus Miftah dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (15/1/2022).

Baca: Ini Daftar Lengkap Jajaran Pengurus PBNU Periode 2022-2027

Sementara alas an pengunduran diri itu lantaran Habib Luhtfi ingin fokus di Jam’iyyah Ahlith Thariqah aI-Muktabarah an-Nahdliyah (Jatman).

“Saya sebagai penderek beliau, sebagai santri beliau, sebagai anak beliau, mendukung apapun langkah dari guru kami Maulana Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan,” tuturnya.

Baca: Gus Yahya Terpilih jadi Ketua Umum PBNU, Ini Penyataan Perdananya

Sebelumnya, Habib Luthfi menjadi salah satu kiai sepuh yang masuk dalam PBNU pimpinan Gus Yahya. Habib Luthfi bersama mantan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj duduk dalam Mustasyar PBNU.

Mustasyar adalah salah satu bagian dari PBNU yang berisi tokoh-tokoh senior NU. Kewenangannya adalah memberi nasihat dan saran bagi pengurus PBNU.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

habib luthfijatmanpbnu