METRO YOGYAKARTA

DIY Mulai Vaksinasi Booster Hari Ini, Lansia Jadi Prioritas

Ilustrasi. Lansia saat mengikuti vaksinasi Covid-19 . (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Bantul – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai melakukan vaksinasi tahap ketiga atau booster, hari ini (13/1/2022). Dalam pelaksanaannya, Pemprov memprioritaskan kalangan lansia dengan komorbid dan para ASN atau PNS.

Wagub DIY, KGPAA Sri Paduka Pakualam X menjelaskan, vaksinasi booster kepada lansia saat ini memang diprioritaskan. Pasalnya mereka merupakan kalangan paling rentan akan Covid-19.

“Hari ini kita kick off vaksinasi untuk lansia di DIY. Kalau rekan-rekan media melihat non lansia, kita sertakan teman-teman ASN untuk booster. Tapi prioritas tetap lansia dan komorbid,” kata Wagub di sela peninjauan kick off vaksinasi booster di JEC, Bantul seperti dikutip Detik.com, Kamis (13/1/2022).

Ia mengungkapkan hasil arahan dari pemerintah pusat terkait prioritas penerima vaksinasi booster yakni lansia dan pemilik komorbid. Sebab, lanjut Pakualam, varian Omicron rentan menyerang lansia dengan komorbid.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) DIY Pembajun Setianingastutie menyebut, momen kick off vaksinasi booster di JEC ini akan berlangsung selama tiga hari. Dia menargetkan ada ada 1500-an orang yang mendapat vaksinasi booster dalam sehari.

Dia juga menjelaskan Pemda DIY sengaja mengikutsertakan para ASN dalam kick off salah satunya untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi booster.

“Karena ASN lebih mudah digerakkan,” jelasnya.

Selain itu, dia juga menyebut harus segera menghabiskan stok vaksin sebelum kedaluwarsa.

“AZ (AztraZeneca) mau selesai (kedaluwarsa) pada Januari ini. Kita tidak mau lagi ada vaksin yang ED (expired),” kata Pembajun.

“(Jumlah vaksin AZ yang mendekati masa kedaluwarsa di DIY) ada sekitar 30 ribu,” pungkasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

BoosterPemprov DIYVaksinYogyakarta