PKL GOR Pesantrenan Pati Bakal Tempati Alun-Alun Kembangjoyo

Lapak-lapak di Alun-Alun Kembangjoyo yang akan jadi lokasi pemindahan 360 PKL di GOR Pesantrenan. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 360 pedagang kaki lima (PKL) dari GOR Pesantrenan akan menempati Alun-Alun Kembangjoyo dalam waktu dekat ini. Itu diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati Hadi Santosa.

Dijelaskan, semula PKL tersebut menempati zona merah di Simpang Lima Pati, Jalan Sutomo, Jalan Wahidin, Jalan Pemuda, Jalan Sudirma, dan Tunggul Wulung. Mereka kemudian dipindahkan ke GOR Pesantrenan sebelum akhirnya akan dipindahkan ke Alun-Alun Kembangjoyo.

“Ada 360 PKL yang dulu menempati zona merah akan kita pindahkan ke Alun-alun Kembangjoyo,” tutur Hadi Santosa saat ditemui diruang kerjanya.

Baca juga: Kontrak Habis, Eks PKL Simpang Lima Pati Minta Pindah dari TPK

Saat ini, Disdagperin masih melengkapi sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan PKL. Salah satunya instalasi air di setiap lapak yang belum ada. Nantinya, bila sarana prasarana ini sudah terpenuhi para PKL segera ditempatkan di Alun-alun Kembangjoyo yang lokasinya di Taman Kota Kalidoro itu.

“Kalau sudah siap, segera kami pindahkan. Seperti kran air di lapak-lapak. Secepatnya kami pindahkan. Karena para PKL ini juga butuh kepastian. Terget kami bulan Januari ini sudah kami pindahkan,” tutur mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Pati itu.

Disdagperin juga telah berkomunikasi dengan dinas-dinas terkait agar para PKL dan pengunjung di Alun-Alun Timur nyaman. Seperti mengatur zona parkir, masalah sampah dan lainnya.

“Dengan Dishub masalah lalu lintas keluar-masuknya, kemudian masalah parkir. Kerja sama juga dengan DLH berkaitan masalah limbah sampah padat maupun cair. Kemudian Satpol juga,” ujarnya.

Pada pekan nanti, pihaknya berencana mengumpulkan para perwakilan PKL untuk mengkomunikasikan terkait pemindahan ini. Nantinya ada undian terkait tempat per jenis PKL.

“Kalau pengundian belum tapi sudah kami mengelompokkan, ada mainan, penjual mainan, penjual makanan, dan penjual aksesoris termasuk dan fashion. Kita sudah membuat sketsa. Diundi untuk jenis per usaha,” tandasnya.

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Alun-Alun KembangjoyoGOR Pesantrenaninfo muriainfo patipatiPKL