Omicron Disebut Sudah Masuk Jepara, Ini Penjelasannya

Suasana depan ruangan ICU RSUD RA Kartini Jepara mulai sepi dari pasien Covid-19. (MURIANEWS/Faqih Mansyur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Temuan kasus Omicron disebut telah masuk di Kabupaten Jepara. Dugaan itu mengarah pada pasien yang saat ini dirawat di RSUD RA Kartini Jepara pada Minggu (9/1/2022).

Kabar simpang siur tersebut langsung menyebar saat itu juga. Diketahui, pasien tersebut tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri yang disebut memiliki tingkat penyebaran Omicron cukup mengkhawatirkan.

Namun, kabar yang berhembus itu dibantah langsung pihak RSUD RA Kartini Jepara. Bantahan itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD RA Kartini Jepara, Teguh Iskadir, Senin (10/1/2022).

“Kami belum mendeteksi Omicron. Pasien yang ada memang positif Covid-19, tapi untuk Omicron belum terdeteksi,” jelas Teguh saat ditemui di RSUD RA Kartini Jepara.

Baca juga: Ngeri! Satu Keluarga di Bandung Ini Terpapar Omicron Usai Pulang dari Afrika

Ia mengatakan, untuk mendeteksi Omicron, harus dilakukan tes PCR dan dikonsultasikan ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Teguh mengatakan, jika memang varian Omicron telah ditemukan, pihak RSUD RA Kartini telah siap. Termasuk, penyiapan ruang isolasi dan penanganannya.

“Omicron ini kan, hanya varian dari virus Covid-19. Penanganannya sama. Ruang yang kemarin isolasi itu, kami gunakan untuk pasien Covid-19 dan kalau ada pasien omicron. Tetap sama, kita siapkan,” kata Teguh.

Sampai hari ini, jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat di RSUD RA Kartini ada tiga orang. Semuanya dalam kondisi baik dan menunjukkan progres yang baik pula.

Teguh mengutarakan, vaksinasi Covid-19 menjadi sangat penting dalam menghadapi ancaman varian omicron. Untuk itu, pihaknya mengharap agar masyarakat yang belum tervaksin bisa segera divaksin.

 

Reporter: Faqih Mansyur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

info jeparainfo muriajeparaOmicronRSUD RA Kartini Jepara