Waspada! Jalan Berlubang di Grobogan Muncul Lagi

Pengendara melewati salah satu ruas jalan di Purwodadi menghindari jalan berlubang. (MURIANEWS/Saiful Anwar).

MURIANEWS, Grobogan – Jalan berlubang di jalanan Purwodadi, Grobogan masih banyak ditemui. Meski lubang-lubang yang besar telah banyak diperbaiki pihak berwenang, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Namun, lubang-lubang kecil di jalanan juga sering mengganggu.

Di musim hujan seperti sekarang ini, lubang-lubang kecil itu berpotensi menjadi lebih lebar. Genangan air membuat daya tahan aspal atau beton berkurang di lubang-lubang kecil itu.

MURIANEWS menelusuri beberapa ruas jalanan Purwodadi. Tampak, sejumlah lubang baru sudah muncul, tak jauh dari lubang besar yang telah diperbaiki. Lubang-lubang di jalanan itu tentu perlu perhatian agar ke depannya tak semakin membesar dan membahayakan pengguna jalan.

Baca juga:

Lubang yang ditemui Murianews itu antara lain di Jalan MT Haryono dekat Hotel 21, di Jalan Kolonel Sugiono, serta Jalan Ahmad Yani. Tampak meski secara keseluruhan rata, namun tetap saja ada beberapa lubang yang digenangi air hujan.

Baca juga: Jokowi Mau Datang, Jalan ke SDN 3 Nglinduk di Grobogan Dihotmix

Sejumlah pengendara tampak menghindari lubang-lubang itu dengan memelankan laju kendaraannya. Para pengendara berhati-hati melewati jalan yang berlubang itu agar tidak terpeleset atau jatuh.

Sekretaris DPUPR Grobogan Wahyu Tri Darmanto mengungkapkan, anggaran perbaikan jalan di Grobogan tahun ini naik dibanding sebelumnya. Sehingga, ruas-ruas jalan yang rusak bisa segera diperbaiki.

“Untuk program jalan pada tahun 2022 berasal dari empat pos. Ada pinjaman sebesar Rp 114 miliar, Banprov Rp 115 miliar, dana alokasi khusus (DAK) jalan sebesar Rp 15,337 miliar, dan dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 8,6 miliar,” tuturnya.

Anggaran tersebut lebih besar dibanding pada 2021 lalu yakni sebesar Rp 90,3 miliar. Tentu, harapannya, akan semakin banyak jalan baik di perkotaan maupun di desa yang bisa segera diperbaiki.

 

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

 

GROBOGANinfo groboganinfo muriaJalan BerlubangJalanan Purwodadi