Gak Main-Main, Ini Tawaran Jokowi Ke Santri NU

Presiden Jokowi saat pidato dipembukaan Muktamar NU. (YouTube Sekretariat Presiden)

MURIANEWS, Lampung – Presiden Jokowi meminta agar santri-santri NU diberi wadah untuk terjun langsung menjadi pelaku bisnis. Ia kemudian menawarkan konsesi pada para santri NU.

Tawaran itu disampaikannya saat membuka Muktamar NU ke-34 di Lampung, Rabu (22/12/2021). Dalam kesempatan itu, ia meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memfasilitasi wadah bagi para santri untuk jadi pelaku bisnis.

“Saya menawarkan yang muda-muda ini dibuatkan sebuah wadah, bisa PT atau kelompok usaha. Kalau sudah, nanti saya menyiapkan konsesi, baik itu pertanian silakan. Yang pengin bergerak di usaha nikel, batubara, bauksit, tembaga juga silakan,” ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, wacana itu sangat mungkin segera terealisasi. Dengan syarat, NU juga gerak cepat membangun serikat, sehingga bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat secara luas.

Baca juga: Jokowi Singgung Metaverse di Muktamar NU

“Saya ingin ada kelompok usaha besar sehingga bisa menggeret gerbong-gerbong lain untuk ikut menikmati ini. Ini memang sebuah kerja besar tapi saya melihat peluangnya ada,” tutur Jokowi.

Jokowi yakin, banyaknya santri baik dalam maupun luar negeri memiliki potensi yang besar. Ia percaya para santri bisa melakukan hal luar biasa bila disatukan dalam satu wadah.

“Saya melihat kekuatan NU sekarang ada pada anak-anak muda. Santri-santri itu pintar-pintar. Kalau ini bisa dirajut dalam sebuah kekuatan lokomotif, saya meyakini ini bisa menarik gerbong-gerbong yang ada di bawah untuk bersama sama dalam rangka mensejahterakan umat,” tegas Jokowi.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi

JokowiKonsesiSantri NUTawaran Jokowi