METRO JATENG

Kurir 8,4 Kg Sabu di Jateng Terancam Penjara Seumur Hidup

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi menunjukkan sabu yang diamankan dari seorang kurir asal kalimantan yang ditangkap Polda Jateng. (Humas Polda Jateng)

MURIANEWS, Semarang – Polda Jateng berhasil mengagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 8,4 kg. Selain mengamankan barang bukti sabu, polisi juga mengamankan kurir sabu berinisial HK (42), warga Kota Waringin Timur, Kalimantan Tengah

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pelaku atas perbuatannya dijerat Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 115 ayat 2 lebih Subsider pasal 112 ayat 2 UU No.35/2009 tentang Narkotika.

Dari pasal tersebut, pelaku terancam hukuman seumur hidup dan penjara paling lama 20 tahun.

Baca: Sempat Dikira Bom, Begini Modus Penyelundupan 8,4 Kg Sabu di Jateng

Luthfi menjelaskan, upaya pengiriman sabu-sabu itu terungkap pada Senin (6/12/2021). Modus yang dilakukan HK adalah memindahkan paket sabu-sabu yang dibungkus menggunakan kardus dari mobil bak terbuka ke truk Fuso berpelat nomor B 9776 TYU saat berada di Kapal KM Dharma Kartika VII.

Dijelaskan Kapolda, pelaku menitipkan barang berisi sabu-sabu di truk yang sedang berada di kapal. Hal itu dilakukan pelaku saat kapal telah menyandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Tersangka juga membuang ponsel yang digunakan untuk menghubungi pelaku menyuruhnya. “Pelaku menitipkan barang ke truk yang tidak dikenal. Karena tidak dikenal sopir truk melaporkan kejadian itu ke anggota kami untuk dilakukan pendalaman,” katanya seperti dikutip Solopos.com.

Baca: Tangkap Kurir Narkotika, 8,4 Kg Sabu Siap Edar Diamankan

Dijelaskannya, dari penyelidikan polisi diketahui pelaku memindahkan barang haram yang dibawanya dari mobil bak terbuka ke truk. Pelaku melempar barang tersebut dengan cara dilempar dari atas.

“Saat itu disinyalir sopir truk tidak tahu apa isi paket itu. Selanjutnya tersangka akan mengikuti truk itu. Ini merupakan modus baru,” jelasnya.

Menurut Kapolda, sopir truk itu takut saat mengetahui ada barang yang tidak dikenal adalah bom. Kemudian dilakukan pemeriksaan oleh Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (KPTE) Semarang.

Baca: Nataru, Polda Jateng Dirikan 76 Pos Pengamanan di Kawasan Wisata

“Sopir truk itu membuka paketan yang terbungkus itu sendiri di hadapan anggota kami dan di dalamnya ada 8 bungkusan. Setelah kami periksa laboratorium, diketahui isi bungkusan tersebut adalah narkoba jenis sabu-sabu,” lanjutnya.

Irjen Ahmad Luthfi mengatakan pemeriksaan tidak berhenti di situ. Polisi melakukan investigasi dengan menumpang kapal yang ditumpangi pelaku.

“Hal ini untuk memastikan manifes penumpang dan mengetahui siapa tersangkanya,” tutur dia.

Kapolda menuturkan setelah polisi sampai Kalimantan, baru didapat bahwa pelaku sembunyi di kos wilayah Demak dan ditangkap pada Kamis (9/12/2021) pukul 20.30. WIB.

Pelaku diketahui seorang residivis baru saja bebas dari masa hukuman di Sampit dan mendapat pesanan mengantar sabu itu.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Jatengkurir sabuPolda Jatengsemarang