METRO YOGYAKARTA

Polda DIY Pastikan Agama Siskaeee Islam

Siskaeee mengenakan hijab saat ditangkap Polda DIY. (Detik.com)

MURIANEWS, Semarang – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya menjawab tagar #SiskaeeeBukanIslam yang digemakan para pengguna Twitter. Dalam keterangannya, agama yang dianut Fransiska Candra Novitasa alias Siskaeee adalah Islam

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto. Ia pun memastikan, berdasarkan KTP dan keyakinannya Siskaeee adalah seorang muslim.

Baca: Tagar #SiskaeeeBukanMuslim Viral di Twitter

“Saya kemarin sempat tanya yang bersangkutan, ‘apakah kamu muslim?’. Dia (Siskaeee) jawab iya. Ketika saya tanya apakah salatmu tertib, dia jawab tidak, tapi masih salat,” kata Yuli seperti dikutip Detik.com, Rabu (7/12/2021).

Yuli juga memastikan keterangan dari Siskaeee itu dengan mengecek KTP tersangka. Kemudian diketahui jika dalam KTP itu tertulis agama Islam dan di kartu identitas itu foto Siskaeee juga menggunakan jilbab.

“KTP nya Islam. Foto KTP yang bersangkutan juga pakai jilbab,” sebutnya.

Baca: Polda DIY Buru Pelaku Lain Terkait Kasus Siskaeee

Soal perbedaan penampilan Siskaeee saat diamankan di Bandung dan saat pemeriksaan, Yuli menegaskan hal itu karena permintaan dari Siskaeee sendiri. Polisi pun kemudian mengabulkan permintaan itu.

Sebelumnya diberitakan, kasus menjerat Siskaeee terkait video viral aksi ekshibisionisme di kawasan Bandara YIA. Video aksi Siskaeee berdurasi 1 menit 22 detik itu diunggah salah satu akun Twitter, 23 November 2021 lalu.

Video ini berisi seorang wanita berambut panjang warna hitam mengenakan baju abu-abu dengan garis hitam dan rok panjang hitam sedang memainkan payudara dan alat kelaminnya.

Baca: Dijerat UU Pornografi dan ITE, Siskaeee Terancam 12 Tahun Penjara

Wajah wanita tersebut tertutup masker dan kacamata. Pengambilan video diketahui dilakukan di lantai 2 gedung parkir Bandara YIA.

Pelarian Siskaeee terduga pelaku ekshibisionis di kawasan Bandara YIA Kulon Progo itu akhirnya berakhir. Dia ditangkap polisi di Bandung.

Tim gabungan menangkap Siskaeee saat turun dari kereta api di Stasiun Bandung, Sabtu (4/12/2021) pukul 14.00 WIB. Usai diperiksa di Mapolrestabes Bandung, Siskaeee dibawa ke Polda DIY dan baru tiba Minggu (5/12/2021) pagi.

Usai menjalani serangkaian pemeriksaan, polisi kemudian menetapkan Siskaeee sebagai tersangka.

Baca: Polda DIY Terjunkan Tim Buru Perempuan Pamer Payudara di YIA

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Polda DIYSiskaeeesiskaeee berhijab