METRO JATENG

8 Daerah di Jateng Level 1 PPKM, Ganjar: Semua Harus Tetap Siaga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Delapan daerah di Jawa Tengah telah turun level dalam PPKM menjadi level 1. Sementara hanya tinggal Kabupaten Pemalang, dan Jepara yang masih level 3, sisanya sudah level 2.

Menyikapi hal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta semua kepala daerah standby dan berhati-hati. Terlebih ada varian baru Covid-19 Omicron dan mendekati Natal-Tahun Baru.

“Semua sekarang harus standby dan harus hati-hati. Jadi kita lagi mencermati terus kemungkinan adanya varian baru. Alhamdulillah sampai saat ini di Indonesia belum ada. Maka kita hati-hati betul,” katanya, Selasa (30/11/2021).

Terkait levelling itu, Ganjar meminta semua bupati/wali kota melakukan pengetatan-pengetatan dalam penerapan protokol kesehatan. Tidak boleh ada yang lengah, apalagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Semua harus siaga, maka prokes harus diperketat. Di manapun tempatnya, jangan dilonggarkan. Kalaulah ada masyarakat yang bisa berkegiatan di tempat umum, tolong prokesnya ditaati. Minimal masker jangan sampai lepas,” tegasnya.

Baca: PPKM Level 3 di Jateng Tinggal Pemalang dan Jepara

Untuk daerah yang levelnya masih tinggi, Ganjar meminta agar pengetatan dilakukan dengan serius. Baik di pasar, restoran, tempat wisata dan lainnya harus diatur agar prokes benar-benar diterapkan.

“Dan untuk daerah yang levelnya tinggi, saya minta ditangani serius. Karena itu kan ada syaratnya untuk menurunkan levelling, salah satunya percepatan vaksinasi untuk lansia. Vaksin sekarang sudah banyak, maka ayo digenjot,” tegasnya.

Baca: Jepara Satu-satunya Bestatus Level 3 di eks-Karesidenan Pati, Ini Sebabnya

Khusus daerah yang masuk level 3, maka pengetatan prokes tidak boleh abai. Kalau ada yang tidak menaati prokes, maka petugas tidak boleh segan untuk menegur bahkan meminta putar balik.

“Termasuk tempat wisata juga diatur. Maka saya kemarin minta teman-teman Dinas Pariwisata untuk menyiapkan diri. Apalagi ini jelang libur akhir tahun, itu biasanya ramai. Maka saya minta diatur jumlahnya, peosentasenya, flow-nya sesuai dengan ketentuan,” terangnya.

Berikut daftar lengkap PPKM Jateng Hingga 13 Desember 2021

Level 1

1. Kota Tegal
2. Kota Semarang
3. Kota Salatiga
4. Kota Magelang
5. Kabupaten Kendal
6. Kabupaten Semarang
7. Kabupaten Grobogan
8. Kabupaten Demak

Level 2

1. Kabupaten Wonosobo
2. Kabupaten Wonogiri
3. Kabupaten Temanggung
4. Kabupaten Tegal
5. Kabupaten Sukoharjo
6. Kabupaten Sragen
7. Kabupaten Rembang
8. Kabupaten Purworejo
9. Kabupaten Purbalingga
10. Kabupaten Pati
11. Kabupaten Magelang
12. Kabupaten Kudus
13. Kota Surakarta
14. Kota Pekalongan
15. Kabupaten Klaten
16. Kabupaten Kebumen
17. Kabupaten Karanganyar
18. Kabupaten Cilacap
19. Kabupaten Banyumas
20. Kabupaten Banjarnegara
21. Kabupaten Pekalongan
22. Kabupaten Brebes
23. Kabupaten Boyolali
24. Kabupaten Blora
25. Kabupaten Batang

Level 3

1. Kabupaten Pemalang
2. Kabupaten Jepara

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Ganjar PranowoJatengjateng hari inijawa tengahPemprov JatengppkmPPKM Jateng