Kudus Sukun Badak Tim Voli Jateng yang Ikut Proliga 2022

Sukun Badak tengah berlatih di Gor Sukun Sport Center (MURIANEWS/Sukun Badak)

MURIANEWS,Kudus – Kudus Sukun Badak adalah satu-satunya klub Voli asal Jawa Tengah yang ikut Proliga 2022. Tim voli binaan perusahaan rokok (PR) Sukun ini menjadi tim pendatang baru.

Nama besar Sukun Badak sendiri sebenarnya sebenarnya sudah tak asing lagi ditelinga para pecinta bola voli. Namun, tak jarang ada dari mereka yang bertanya-tanya tentang arti nama hingga sejarah terbentuknya tim asal Kudus yang terjun di Proliga itu.

Klub Kudus Sukun Badak awalnya hanya merupakan kegiatan voli karyawan PR Sukun untuk mengisi waktu usai bekerja. Selanjutnya dari kegiatan ini kemudian muncul istilah Sukun Badak dalam kegiatan mereka.

Badak sendiri merupakan kependekan dari kalimat ‘Barisan Depan Karyawan’. Dari sekedar mengisi waktu luang, kegiatan voli diantara karyawan PR Sukun ini kemudian berkembang menjadi sebuah perkumpulan olahraga bola voli.

Minat yang besar dari para karyawan Sukun ini akhirnya membuat Sukun Badak menjelma menjadi tim voli yang rajin mengikuti turnamen tarkam (antar kampung). Bahkan Sukun Badak menjadi tim tarkam yang kerap mengikuti pertandingan hingga ke berbagai daerah, seperti Bali dan Sumatera.

“Awal mulanya dimulai dari karyawan, terus tarkam itu sekitar bulan Januari 2018. Tapi sebenarnya dari dulu semenjak PR Sukun ada itu sudah sering menggeluti olahraga voli, tapi memang sempat vakum,” kata Manager Sukun Badak Sugiyono, Senin (29/11/2021).

BACA JUGA: Kudus Sukun Badak Akan Hadapi Klub Voli Milik SBY

Seiring berkembangnya waktu, Sukun Badak bertransformasi menjadi tim voli profesional. Dimana saat itu Sukun Badak mengeluarkan pengumuman audisi untuk mencari pemain-pemain yang akan dibina dalam tim.

Hal itu sekaligus bisa dikatakan sebagai sebuah momentum untuk membangun sebuah klub bola voli professional. Sejak 2020, bisa dikatakan Sukun Badak berubah menjadi benar-benar sebagai sebuah klub bola voli yang dikelola dengan serius.

“Mulainya di awal 2020 mulai kami keluarkan pengumuman audisi untuk membentuk tim (bertransformasi menjadi tim profesional). Jadi saat itu kami publikasikan dari mulut ke mulut dan media sosial untuk mencari atlet binaan,” jelasnya.

Hingga sekarang, sambung dia, sudah ada 14 atlet binaan Sukun Badak. Jumlah tersebut juga dimungkinkan bisa terus bertambah dengan sistem seleksi degradasi pada setiap atlet yang dibina.

“Jadi atlet binaan harus mampu bersaing untuk bisa bertahan. Sukun Badak juga memperbolehkan atlet lokal Kudus, Jawa Tengah, hingga Nasional yang memang bersungguh-sungguh untuk mengembangkan potensi voli,” ungkapnya.

Para atlet binaan juga mendapatkan berbagai fasilitas dari perusahaan. Seperti, fasilitas olahraga baik voli, fitnes , penginapan, makan, hingga beasiswa pendidikan. Semuanya diterapkan dalam upaya mengembangkan olahraga bola voli.

Dan kini, sebagai keseriusan Sukun Badak dalam pengembangan bola voli, akhirnya memutuskan untuk ikut dalam Proliga 2022. Tentu saja, hal ini juga tidak lepas dari komitmen PR Sukun untuk ikut mengembangkan olahraga voli di Kudus dan sekitarnya.

Reporter : Yuda.Auliya Rahman
Editor: Budi erje

Kudus Sukun BadakSukun BadakVoli Kudus