Hanya 32 Peserta PPPK Nonguru Kudus Lolos, 27 Lowongan Tak Terisi

Pelamar PPPK Guru tengah melaksanakan seleksi kompetensi di SMAN 2 Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mengumumkan hasil seleksi tes kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) nonguru pekan lalu. Hasilnya, hanya ada sebanyak 32 peserta yang lolos, dari 72 peserta yang mengikuti seleksi.

Padahal, Pemkab Kudus membuka sebanyak 59 lowongan tenaga teknis. Dengan rincian 49 tenaga teknis kesehatan dan sepuluh sisanya tenaga teknis nonmedis.

Dengan hanya 32 peserta yang lolos, maka ada 27 lowongan yang tak terisi.

“Yang berhasil lolos passing grade hanya ada 32 orang. Sementara yang tak hadir saat tes ada enam orang,” kata Kasubid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kudus, Nur Zuhri, Selasa (9/11/2021).

Zuhri mengatakan, ada dua penyebab dari tak terisinya formasi tersebut. Yang pertama adalah karena tidak ada pelamar yang lolos passing grade formasi tersebut saat ujian kompetensi.

Kemudian yang kedua adalah karena tidak ada pelamar yang lolos seleksi administrasi di formasi itu. Sehingga formasi tersebut sudah dipastikan tak terisi usai pengumuman seleksi administrasi.

“Dalam seleksi administrasi tahun ini, memang banyak peserta yang tidak lolos karena terkendala syarat pengalaman kerja hingga lulusannya tidak sesuai kompetensi yang diinginkan,” ujarnya.

Peserta yang lolos pun diimbau untuk terus meng-update pengumuman perihal pemberkasan. Baik melalui laman resmi panitia seleksi nasional maupun di laman BKPP Kudus.

Baca: Masih Dag Dig Dug! 61 Pelamar CPNS Kudus Lolos Tes SKD

Sementara untuk lowongan yang tak terisi, pihaknya masih menunggu arahan dari pusat terkait bagaimana kebijakannya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kudus mendapat alokasi formasi PPPK dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pemerintah pusat sebanyak 496 lowongan.

Rinciannya, adalah sebanyak 474 tenaga PPPK dan 22 lowongan CPNS. Untuk tenaga PPPK terdiri dari 415 guru, kemudian tenaga kesehatan sebanyak 49 lowongan, dan tenaga teknis sebanyak sepuluh orang.

Sementara untuk lowongan CPNS, terdiri dari lima lowongan tenaga kesehatan dan 17 lowongan tenaga teknis.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kuduscpns kudusinfo kuduskabar kuduskudus hari inipppkpppk kudus