SMP 1 Kudus Borong Juara Lomba Puisi dan Cerpen MGMP

Penyerahan piala untuk peraih juara lomba baca puisi dan cipta cerpen. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra 2021, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kudus menggelar lomba baca puisi dan cipta cerpen untuk siswa SMP di Kudus. Dari lomba ini, siswa SMP 1 Kudus memborong juara.

Sedikitnya ada 80 siswa yang mengikuti lomba baca  puisi, dan 57 siswa yang mengikuti lomba cipta cerpen. Mereka sudah mengirimkan karya video pembacaan puisi dan file cerpen mulai 11 Oktober 2020 lalu melalui daring.

Setelah itu, karya yang sudah peserta kirimkan diseleksi dan dipilih enam karya terbaik di masing-masing kategori untuk melaju ke final yang dihelat Senin (25/10/2021), di aula SMP 1 Kudus. Para peraih juara juga telah diumumkan dan diberi penghargaan hari ini juga.

Dalam lomba ini, baik kategori lomba baca puisi maupun cipta cerpen diborong oleh siswa SMP 1 Kudus. Yakni Radinda Elvara Devirza untuk juara lomba baca puisi dan Salsabila Naswa Agatha untuk lomba cipta cerpen.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kudus, Sugiarto mengatakan, selama pandemi kegiatan perlombaan yang menghentikan kreativitas siswa.

Untuk itu, pihaknya mencoba menggelar perlombaan yang bisa  menggali potensi siswa yang mungkin selama ini masih terpendam.

“Ini jelas menjadi semangat tersendiri untuk siswa, dan bapak/ibu guru pendamping untuk terus berkarya dan menggali potensi peserta didiknya. Cerpen dan video baca puisi yang mereka kirimkan itu bagus-bagus,” katanya, Senin (25/10/2021).

Salsabila Naswa Agatha, peraih juara cipta cerpen dari SMP 1 Kudus menjelaskan, karya cipta cerpen yang dikirimkan menceritakan tentang kisah pencurian di kelas. Dirinya berhasil meraih juara tak terlepas dari usahanya yang membuat cerpen tersebut hingga tiga hari lamanya.

“Judulnya itu Tremor. Ide saya dapatkan dari kehidupan sehari-hari, tapi saya tambah dengan beberapa konflik fiktif,” imbuhnya.

Daftar pemenang lomba MGMP Bahasa Indonesia SMP Kudus

Lomba Baca Puisi

Juara: Radinda Elvara Devirza (SMP 1 Kudus)
Peringkat 2 : keista Widya Karena (SMP 1 Dawe)
Peringkat 3  : Nata Aulia (SMP 1 Kaliwungu)

Harapan 1: Ika Puti Dwiyanti (SMP 4 Bae)
Harapan 2: Sarifatul Faidah  (SMP 1 Kaliwungu)
Harapan 3: Ahmad Faiq Nailul (SMP 1 Kudus)

 

Lomba Cipta Cerpen
Juara: Salsabila Naswa Agatha  (SMP 1 Kudus)
Peringkat 2: Aisyah Putri Zafira (SMP 3 Kudus)
Peringkat 3: Filicia Ivana C (SMP 1 Kudus)

Harapan 1: Amira Khairunnisa (SMP IT Al Islam)
Harapan 2: Renata Witadiya (SMP 5 Kudus)
Harapan 3: Dieva Aura Ayu Kuswoyo (SMP 1 Kudus).

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita KudusCerpeninfo kuduskabar kuduskuduslomba mgmpLomba PuisiSMP 1 Kudus