METRO JATENG

Diguncang Gempa, Ganjar Minta Salatiga dan Semarang Siapkan Tenda Darurat

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta Pemkab Salatiga dan Pemkab Semarang untuk menyiapkan tenda darurat guna mengantisipasi dampak gempa yang mengguncang Kota Salatiga – Ambarawa (Semarang).

Langkah itu dilakukan lantaran gempa di dua wilayah tersebut terjadi berkali-kali sejak tiga hari terakhir. Bahkan informasi terakhir, sudah ada 34 kali gempa di wilayah tersebut.

“Kemarin langsung komunikasi dengan bupati Semarang dan Wali Kota Salatiga. Sudah langsung dibuatkan tenda darurat,” kata Ganjar dalam video seperti dikutip Detik.com, Senin (25/10/2021).

Baca: Sidang Paripurna, Ganjar dan DPRD Jateng Kompak Sarungan

Terkait gempa yang terus terjadi di Salatiga dan Ambarawa, Ganjar menjelaskan tim geologi masih terus bekerja menliti, maka kesiagaan masih perlu dilakukan.

“Dari (dinas) ESDM mencoba mendampingi dan ikuti terus pergerakan sesar yang ada karena ini bukan vulkanik. Tim geologi lagi bekerja maka punya asumsi kita mesti siaga. Khusunya di daerah sesar khususnya di Salatiga dan Kabupaten Semarang,” ujar Ganjar Pranowo.

Sementara itu kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan hingga pagi ini sudah ada 34 gempa sejak Sabtu (23/10) dini hari di Salatiga dan Ambarawa (Kabupaten Semarang).

Baca: 30 Kali Gempa Guncang Salatiga dalam 33 Jam

Gempa susulan terjadi pukul 05.05 WIB berkekuatan M2,5 di 7.275 Lintang Selatan, 110.45196 Bujur Timur atau 8 km barat laut Kota Salatiga, Jateng. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 11 km.

“BMKG mencatat terdapat 1 gempa susulan di Ambarawa Salatiga, Sehingga total gempa teranalisa berjumlah 34 event,” kata Setyoajie.

Berdasarkan hasil pengamatan Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, distribusi episenter pasca gempa di Salatiga terjadi di beberapa titik. Yakni yang dilalui sesar Merapi-Merbabu, Telomoyo dan Rawa Pening.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

#gubernur#salatigaganjarGempa AmbarawaGempa SalatigaMetro Jatengsemarang