Susur Sungai Pramuka, 11 Siswa MTs di Ciamis Tewas Tenggelam

Petugas mengevakuasi korban tenggelam dari kegiatan susur sungai Pramuka di Ciamis. (dok.BPBD Ciamis)

MURIANEWS, Ciamis – Kegiatan susur sungai Pramuka di Kabupaten Ciamis memakan korban. Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru Cijantung, Kabupaten Ciamis tewas tenggelam dalam kegiatan itu.

Musibah tersebut terjadi di Sungai Cileueur, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10/2021) sore.

“Yang kena musibah dinyatakan meninggal dunia ada 11 orang. Terdiri dari delapan laki-laki dan tiga perempuan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, kepada wartawan di RSUD Ciamis, Jumat malam, dikutip dari Kompas, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Ratusan Orang Susuri Sungai, WCD Dijadikan Awal Gerakan Temanggung Bebas Sampah

Menurut Herdiat setelah mengkonfirmasi pihak sekolah, kegiatan susur sungai itu diikuti 150 orang peserta. Namun, dari data yang diterima, hanya 139 orang yang kembali dari kegiatan pramuka.

“Saya sudah lihat ke lapangan dan konfirmasi ke sekolah walaupun baru sementara,” kata Herdiat.

Baca juga: Keren, Ini Ujian 7 Anggota Pramuka Pangkalan SMAN 1 Kradenan Grobogan Buat Naik Tingkat

Kondisi aliran Sungai Cileueur sendiri cukup tenang. Hanya saja, lokasi para korban tenggelam merupakan muara dari dua aliran sungai. “Ada putaran air,” ujar Herdiat.

Semua korban meninggal dunia ditemukan di satu titik, yakni di muara. Selain korban meninggal, ada dua korban yang saat ini dirawat di RSUD Ciamis. Salah seorang yang dirawat merupakan guru MTs Harapan Baru.

“Ada guru yang kebetulan ikut menolong dan tenggelam. Sekarang masih dirawat,” ujar Herdiat.

 

Penulis: Zulkifli Fahmi
Editor: Zulkifli Fahmi
Sumber: Kompas

CiamisKegiatan PramukaMTs Harapan BaruPramukaSusur Sungai