Giliran RSUD Soewondo Pati Over Kapasitas Pasien Covid-19

Suasana di IGD RSUD Soewondo Pati. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sejumlah rumah sakit di Kabupaten Pati mulai kewalahan menampung pasien Covid-19. Setelah RS KSH, dan RS Mitra Bangsa, kini giliran RSUD Soewondo Pati yang sudah tidak bisa menampung pasien corona.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Soewondo Pati dr Joko Subiyono mengatakan, beberapa kari terakhir rumah skait milik daerah tersebut memang sudah over kapasitas. Bahkan pihaknya juga mengaku sudah menyarankan pasien dengan gejala Covid-19 untuk diperiksakan ke RS yang lain.

“Untuk IGD sendiri sudah sekitar sepekan ini selalu penuh. Di IGD tersebut kami sediakan ada 30 tempat tidur, tapi kadang-kadang pasien yang datang lebih dari itu,” katanya, Sabtu (12/6/2021).

Dia juga menyebut, untuk keseluruhan tempat tidur isolasi khusus pasien covid-19 ada 121 tempat tidur. Dari jumlah tersebut, ada empat kamar tidur isolasi perinatal.

“Ini khusus untuk bayi. Kalau enggak ada bayi yang terpapar Covid-19, kami tidak berani merawat di situ. Kondisi terakhir, ada satu bayi yang isolasi di perinatal,” ujarnya.

Baca: Setelah KSH, Giliran RS Mitra Bangsa Pati Over Kapasitas Pasien Covid-19

Kemudian, pihakhya juga menyediakan ruang isolasi khusus untuk ibu hamil, yakni di ruang anggrek. Sementara kondisi terakhir, di ruang tersebut sering penuh.

“Biasanya ada rujukan isolasi khusus kandungan. Karena kondisinya sudah penuh, ya kami minta untuk cari rumah sakit yang lain,” terangnya.

Pihaknya juga sudah disarankan oleh bupati Pati untuk menambah ruang isolasi baru. Hal ini untuk mengantisipasi apabila nantinya terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Bumi Mina Tani.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

coronacovid-19patiRSUD Soewondo