Bandel dan Bikin Kumuh, PKL di Bekas Matahari Mal Kudus Digaruk Satpol PP

Petugas Satpol PP Kudus menertibkan kios pedagang yang didirikan di bekas mal Matahari Kudus, Kamis (6/5/2021). (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus bersama Satpol PP Kudus Kamis (6/5/2021) menertibkan sejumlah PKL yang mendirikan kios liar di lahan bekas mal Matahari Kudus. Penertiban dilakukan lantaran lokasi tersebut harus steril.

Pasalnya, gerobak dan perlaatan berjualan ditinggal di lokasi tersebut hingga pagi. Padahal toleransinya, pedagang boleh berjualan pada malah hari, asalkan pagi harinya sudah bersih.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti mengatakan, sedianya area eks bangunan Matahari merupakan area steril. Namun, dia memberi kebijakan bagi pedagang yang jualan di malam hari.

Namun, dengan catatan pedagang yang berjualan di malam hari itu agar membersihkan lapaknya tepat pukul enam pagi. Pihaknya juga tidak memperbolehkan pedagang meninggalkan barang dagangan di tempat. Sebab, lokasi eks bangunan mal Matahari akan menjadi kumuh.

“Sebenarnya itu jualan di sini tidak boleh. Tetapi untuk pedagang yang jualan malam hari kami memberikan toleransi. Asalkan jam enam pagi bersih semua. Lha ini malah kios dagangannya ditinggal di sini. Seperti ini kan kesannya kumuh,” katanya, Kamis (6/5/2021).

Lebih lanjut menurut Sudiharti pihaknya sudah sering mengingatkan pedagang dan memberikan toleransi hingga Rabu (5/5/2021) sore kemarin. Namun, menurut dia PKL tidak mengindahkan.

“Sudah saya kasih waktu sampai kemarin sore. Dan katanya mau dibersihkan sendiri. Ternyata saya cek hari ini kok malah dibiarkan seperti ini. Ya akhirnya kami angkut bersama Satpol PP,” terangnya.

Menurut dia apa yang dilakukannya ini demi mewujudkan Kudus yang bersih. Selain itu agar lebih tertib.

“Sekali lagi silahkan kalau mau jualan di sini. Kami beri toleransi. Asalkan jam enam pagi bersih semua dan dagangannya jangan ditinggal,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

kudusPKLRaziasatpol pp