Keren, Kades Jurang Kudus Ini Bagi-Bagi Sayuran Gratis ke Warganya

Warga Desa Jurang, Kudus berdatangan mengambil sayuran gratis yang dibagikan kepala desanya. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Aksi bagi-bagi sayuran gratis dilakukan oleh salah seorang kepala desa di Kota Kretek. Muhammad Noor namanya, pria yang menjabat sebagai Kepala Desa Jurang, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu membagikan seribuan ikat sayur kangkung kepada warganya, Jumat (23/4/2021).

Pantauan MURIANEWS, pria yang akrab disapa Rogoh itu berkeliling desa dengan menggunakan mobil bak terbuka. Di bagian bak belakang, terisi penuh dengan tumpukan sayur kangkung.

Beberapa kali, Rogoh berhenti di sejumlah titik di permukiman warga. Begitu mobil bak pengangkut sayuran itu berhenti, sejumlah warga mulai berdatangan.

Raut muka sumringah sejumlah warga terpancar jelas saat mengambil sayuran kangkung gratis di mobil bak terbuka itu.

Beberapa warga yang mengambil sayuran gratis nampak ada yang tak memakai masker, namun Rogoh juga sudah mengantisipasinya dengan memberikan masker gratis kepada warga.

“Ini saya kasih masker juga, dipakai terus pak, buk. Silahkan ambil sayurannya gratis,” katanya.

Rogoh mengatakan, pembagian sayuran tersebut merupakan inisiatifnya sendiri yang sudah dilakukan beberapa kali semenjak awal bulan Ramadan.

Sayuran tersebut dibelinya dari uangnya pribadi, sebab selama ini Rogoh juga yang menyuplai kangkung untuk PKL yang berjualan di penangkaran kijang PR Sukun.

“Mulai awal Ramadan, setiap harinya saya berkeliling mulai dari RW 1 sampai RW 6.  Yang inti itu sayuran kangkung, tapi terkadang saya selingi dengan sayuran bayem, dan daun singkong. Kalau sayur kangkungnya saya dapatkan dari petani di Purwodadi,” jelasnya.

Menurutnya di masa pandemi ini, Rogoh ingin berbagi kepada warga desanya, terlebih bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Ia berharap pemberian sayuran gratis tersebut, paling tidak bisa sedikit meringankan beban warganya untuk memenuhi kebutuhan makan saat berbuka puasa.

“Pandemi ini kami melihat sebagian warga ada yang merasa ekonominya goyah. Nilainya mungkin tidak seberapa, tapi bagi saya sangat luar biasa. Insyallah membantu ibu-ibu di masa pandemi, semoga bisa tetap produktif,” ujarnya.

Sementara salah seorang warga yang menerima sayuran gratis, Neng mengaku senang dan sangat berterima kasih adanya sayuran gratis yang diberikan kepada warga. Pihaknya berharap hal tersebut bisa terus berlanjut.

“Ini nanti mau dimasak buat buka puasa. Lebih sering lebih bagus bisa membantu warga, besok saya tunggu ikan gratisnya,” canda warga Desa Jurang, RT 5 RW 5 itu.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

kades jurangkudussayuran gratis