Stok Darah PMI Kudus Aman Hingga Dua Pekan ke Depan

Ilustrasi. (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Selama Ramadan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus diperkirakan aman selama dua pekan ke depan. Sebab, permintaan darah dari rumah sakit di Kudus terus berjalan

Kepala Unit Donor Darah PMI Kudus dokter Arief Adi Saputro mengatakan, selama Ramadan dalam sehari PMI Kudus hanya mendapatkan 30 kantong darah. Jumlah tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan sebelum Ramadan yang bisa mencapai lebih dari 50 kantong darah dalam sehari.

“Stok darah untuk Ramadan aman hanya untuk dua pekan terhitung sejak awal Ramadan. Setelah itu belum tahu. Karena selama puasa itu kami kan setiap Kamis dan Sabtu agendakan donor darah di Alun-Alun Simpang Tujuh rata-rata sehari hanya dapat 30 kantong,” katanya, Jumat (16/4/2021).

Per hari ini stok golongan darah A di PMI Kudus berjumlah 213 kantong. Sedangkan stok golongan darah B jumlahnya lebih banyak 312 kantong. Sementara golongan darah AB 81 kantong dan golongan darah O 271 kantong.

Lebih lanjut, dokter Arief mengimbau  masyarakat untuk tidak takut donor walaupun sedang berpuasa. Jika takut lemas, bisa memilih waktu menjelang berbuka puasa atau setelah puasa.

Menurutnya. memang ada persiapan yang berbeda saat hendak donor darah ketika sebelum puasa dengan saat berpuasa. Yakni dengan tidur cukup dan makan bergizi seimbang.

Lebih lanjut, dokter Arief mengatakan pihaknya tidak memungkiri adanya penurunan pendonor selama Ramadan. Ke depannya selain mencari pendonor di area Alun-alun Simpang Tujuh, pihaknya berencana untuk menyasar beberapa gereja di Kudus dan Rumah Sakit Mardirahayu untuk menambah stok darah.

“Harapan kami masyarakat bersedia untuk melakukan donor darah. Saya sampaikan juga donor darah selama puasa tetap aman,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Donor DarahPMI, Kudus