Desa Gulang Juarai Lomba Kampung Siaga Candi Polres Kudus

Penyerahan penghargaan pemenang lomba Kampung Siaga Candi 2021 Polres Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Desa Gulang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus menjadi juara lomba Kampung Siaga Candi 2021 yang digelar Polres Kudus. Desa Gulang, berhasil menjadi yang terbaik dengan perolehan nilai 2.281.

Kemudian disusul juara kedua yakni Desa Jepang Pakis, Kecamatan Jati, Kudus dengan nilai 2.275 dan di posisi ketiga ada Desa Garung Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kudus dengan nilai 2.271.

Kepala Desa Gulang Aris Subkhan (47) mengatakan, penilaian sejumlah aspek sudah dilakulan oleh Polres Kudus pada Rabu (17/2/2021) lalu. Mulai pencegahan penyebaran Covid-19 hingga mengatasi dampak perekonomian dan sosial di masyarakat.

“Setelah terpilih mewakili Kecamatan Mejobo untuk ikut lomba, kami dan seluruh warga bergotong royong untuk menciptakan kekuatan di desa kami. Mulai kerukunan, kekompakan, hingga toleransi antarwarga untuk terciptanya protokol kesehatan yang ideal, bukan hanya 3M tapi 5M,” katanya, Senin (1/3/2021).

Protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. Selain itu, program Jogo Tonggo hingga kesiapsiagaan dalam mengatasi dan mengantisipasi adanya kebencanaan, juga selalu digalakkan.

Sementara Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma dalam sambutanya menyatakan, di Kota Kretek secara keseluruhan telah terbentuk 132 Kampung Siaga Candi. Pembentukannya dalam rangka pengamanan hingga pencegahan penyebaran Covid-19.

“Siaga Candi ini ciri Khas Jateng. Perlombaan kami sengaja adakan untuk memotivasi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan, ketahanan pangan, ketahanan sosial ekonomi dan inovasi saat pandemi.,” ungkapnya.

Kampung Siaga Candi tersebut wajib menyediakan sarana dan prasarana protokol kesehatan, kesiapan jika ada yang meninggal karena Covid-19, hingga penyediaan lokasi isolasi mandiri.

“Jadi kami harap Kampung Siaga Candi ini bisa mewujudkan desa atau kelurahan di Kudus yang berkesinambungan  dan masyarakat akan mendapatkan dampak positif yang dirasakan,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Polres Kudussiaga candi