Kampung Budaya Piji Wetan Kudus Bakal Suguhkan Even Virtual Tentang Musim Tandur

Proses pembuatan video karya Kampung Budaya Piji Wetan beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Kampung Budaya Piji Wetan Kudus bakal menyelenggarakan tiga acara secara virtual dengan tema cocok tanam yang dapat dinikmati di Youtube pada Minggu (31/1/2021). Pengambilan gambar ketiga acara dimulai Jumat (22/1/2021) besok.

Tema cocok tanam dipilih karena disesuaikan dengan musim tandur (tanam) yang ada di Kampung Budaya Piji Wetan.

Ketiga kegiatan itu yakni yakni dokumenter “Ayem Ayom” sebagai potret ekologi dan budaya tumbuh-tumbuhan bagi masyarakat Piji Wetan, dolanan anak tematik tumbuhan seperti “Wo Dowo” dan pasaran, dan seni tutur Tsukmala “Legenda Pakis Haji” dongeng tentang Kayu Naga Muria yang mampu mengusir tikus.

“Karena saat ini sedang musim tandur kami ingin beri edukasi cara nandur (menanam) yang baik itu seperti apa dan bisa digunakan juga sebagai mata pencaharian. Terkadang kan ada sarjana lulusan pertanian tapi tidak mau menjadi petani,” kata Koordintor Kampung Budaya Piji Wetan Muchammad Zaini, Kamis (21/1/2021).

Selain itu, Zaini ingin agar masyarakat tidak hanya membeli tanaman obat-obatan. Melainkan bisa menanan sendiri. Sehingga ketika suatu saat membutuhkan sudah tersedia. Beberapa tanaman yang banyak dijumpai di Piji Wetan juga bakal ditampilkan.

Pihaknya ingin agar masyarakat turut serta menjaga alam. Sebab, menurut dia ketika alam terjaga dapat berdampak pada kehidupan manusia. Sehingga manusia tidak kesulitan mencari tanaman.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

kampung budayakuduspiji wetan