Antisipasi Longsor, Polisi dan Warga Tanam Pohon di Bukit Kunci Blora

Polisi bersama warga menanam pohon di Bukit Kunci Blora. (MURIANEWS/Priyo)

MURIANEWS, Blora – Untuk antisipasi bencana alam tanah longsor, Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Polsek Jiken, Polres Blora bersama warga setempat melakukan tanam pohon di Bukit Kunci.

Bhabinkamtibmas Desa Bangowan Bripka Nyamat mengatakan, selain untuk menambah kesejukan, penanaman pohon ini juga untuk antisipasi bencana alam tanah longsor.

”Tentunya jika banyak pohon pohon yang tumbuh, maka dapat meminimalisir terjadinya tanah longsor di kawasan Bukit Kunci,” katanya, Rabu (20/01/2021).

Setidaknya ada 100 pohon yang ditanam, dengan jenis pohon meliputi pohon cemara, gayam, randu dan juga pohon mahoni. Adapun selain dari pengelola Bukit Kunci, pohon pohon tersebut juga bantuan dari Bhabinkamtibmas dan Perhutani Blora.

“Kami mengimbau agar setelah ditanam pohon bisa dirawat agar bisa tumbuh dan bisa meminimalisir longsor di dataran tinggi di wilayah Desa Bangowan,” ucapnya.

Sudarto, Kepala Desa Bangowan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di desanya.

“Kami senang dengan keaktifan Bhabinkamtibmas, apalagi dengan ide ide dan terobosan kreatifnya, alhamdulilah banyak membantu warga. Terutama dalam pengembangan wisata alam Bukit Kunci ini,” ujarnya.

Terpisah Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi menjelaskan kegiatan itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama di mana setiap anggota Polri harus aktif dalam rangka mengajak warga untuk waspada terhadap bencana alam.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

BencanabloralongsorTanam Pohon